Sukabumi

Lakukan Penilaian, Wadir Binmas Polda Jabar Sambangi Satkamling Gedongpanjang

Sergapreborn Sukabumi Wakil Direktur Pembinaan Masyarakat Polda Jabar, AKBP Mohammad Rois saat melakukan kunjungan dan penilaian Pos Satkamling di RW6, Kelurahan Gedongpanjang, Sabtu (20/5/2023).

Wakil Direktur Pembinaan Masyarakat Polda Jabar, AKBP Mohammad Rois melakukan kunjungan dan penilaian Pos Satuan Keamanan Lingkungan (Satkamling) di RW 6, Kelurahan Gedongpanjang yang ditunjuk Polres Sukabumi Kota Polda Jabar untuk mengikuti perlombaan tingkat Polda Jabar.

Dalam kegiatan tersebut, Wakil Direktur Pembinaan Masyarakat Polda Jabar AKBP Mohammad Rois beserta team didampingi Kapolsek Citamiang Akp Arif Saptaraharja, Kasat Binmas Polres Sukabumi Kota Polda Jabar AKP Enita Dwi Cahyawaty, Danramil Citamiang, Forkopincam Citamiang, Pemerintahan Kelurahan Gedongpanjang, Lurah Gedongpanjang, Ketua RW6, tokoh masyarat, Karang Taruna Gedong panjang dan Linmas.

“Saat ini, saya melaksanakan kegiatan penilaian Satkamling untuk bersilaturahmi dengan masyarakat serta melihat sejauh mana Pos Satkamling telah dibentuk,” ungkap Wakil Direktur Pembinaan Masyarakat Polda Jabar AKBP Mohammad Rois.

Wadir Binmas Polda Jabar mengatakan dalam Perpol nomor 4 tahun 2020 Tentang Pengamanan Swakarsa Satkamling adalah merupakan salah satu bagian dari Pam Swakarsa yang menyelenggarakan fungsi kepolisian terbatas. Dengan terbentuknya Satkamling ini, bisa menjadi kepanjangan tangan kepolisian dalam menciptakan keamanan dan ketertiban lingkungan (Kamtibmas).

“Keberadaan Satkamling ini tentu saja membutuhkan legalitas dimana penunjukan personil maupun yang mengawakinya sesuai Perpol nomor 4 tahun 2020,” ujarnya.

Adapun, penilai menjelaskan aspek yang dinilai dalam kegiatan tersebut misalnya saja, kebersihan, mencakup dari kebersihan lingkungan maupun area Pos Kamling. “Bentuk Pos kamling mencakup dari bentuk bangunan peralatan serta sarana pendukung, administrasi Satkamling dan kelengkapan fasilitas petugas,” ucapnya.

Sementara itu, Kapolres Sukabumi Kota Polda Jabar AKBP Ari Setyawan Wibowo mengatakan, kegiatan tersebut selain dilombakan juga menjadi hal penting dalam pelaksanaan tugas keamanan lingkungan secara aktif ronda malam, patroli lingkungan dan upaya kontrol dari pembina. “Ya, keberadaan Pos Satkamling ini sangat penting, selain dilombakan juga dapat mendukung dalam menciptakan kondusifitas lingkungan,” bebernya.

Sebab itu, Arif mengajak, warga untuk dapat memanfaatkan Pos Satkamling dengan baik khususnya dalam menjaga keamanan. Dalam hal ini, peran warga sangat diharapkan. “Kegiatan ini sebagai bentuk meningkatkan silaturahmi TNI dan Polri dengan masyarakat, Sinergitas TNI dan Polri dengan masyarakat yang sudah terjalin baik ini kami harap terus ditingkatkan dalam menajaga Harkamtibmas yang kondusif,” tuturnya.

YN

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button