Daerah

Menyesuaikan Undang- undang tentang Desa, Masa Jabatan 465 Kades di Purworejo Akan Diperpanjang 2 Tahun

Sesuai ketentuan pasal 118 Undang – Undang no 3 tahun 2024 tentang Perubahan Kedua UU 6 tahun 2014 tentang Desa, Pemerintah Kabupaten Purworejo akan segera melaksanakan Pengukuhan dan Penyerahan SK Perpanjangan Masa Jabatan Kades 2 tahun ke sejumlah 465 kades. Paling lambat bulan depan,” kata Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak serta Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPPPAPMD) Kabupaten Purworejo, Laksana Sakti,  saat dikonfirmasi purworejo24.com, pada Rabu (22/5/2024).

Dijelaskan, di Kabupaten Purworejo terdapat 469 desa, namun hanya 465 desa yang mendapat perpanjangan masa jabatan, lantaran 4 desa lainya masih dijabat oleh PJ kepala desa.

4 desa yang saat ini masih dijabat oleh PJ Kades diantaranya Desa Kaliwader, kecamatan Bener, Desa Kaliglagah Keamatan Loano, Desa Kesawen Kecamatan Pituruh dan Desa Wirun Kecamatan Kutoarjo.

“4 desa lain saat ini masih dijabat oleh Pj Kades. Dan nantinya untuk menyesuaikan waktu hingga dilaksanakan pilkades serentak kedepan, 4 desa yang dijabat PJ ini akan dilakukan PAW atau pemilihan kepala desa antar waktu,” jelasnya.

Dengan diberikannya masa perpanjangan jabatan kepala desa hingga 8 tahun bagi kepala desa aktif, maka rencana Pemkab untuk menggelar Pilkades serentak di tahun 2025 dibatalkan dan akan dilaksanakan menyesuaikan masa jabatan kepala desa aktif habis masa jabatanya pada tahun- tahun mendatang.

Harapannya kepada Kades agar dapat lebih baik lagi dalam melaksanakan tugas dalam rangka pelayanan masyarakat dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” harap Laksana Sakti. (har/yn)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button