Pengecekan Menindaklanjuti instruksi Mendagri Nomor 3/2021 Tentang PPKM

0
44

Ciamis -Sergapreborn

Kapolres Ciamis AKBP Hendria Lesmana, S.I.K., M.Si., dan Dandim 0613/Ciamis Letkol Czi Dadan Ramdani, S.Sos., M.A.P., mengecek posko Covid-19 di wilayah hukum Polres Ciamis. Pengecekan kali ini dilakukan di wilayah Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Rabu (24 Februari 2021).

Pengecekan itu menindaklanjuti instruksi Mendagri Nomor 3/2021 tentang PPKM dan pembentukan posko penanganan Covid-19 tingkat desa dan kelurahan. Sebanyak enpat posko yang dilakukan pengecekan, diantaranya Posko Covid-19 Kelurahan Ciamis, Kertasari, dan Desa Gegempalan serta Desa Sukaharja.

Posko Covid-19 ini mengemban fungsi mulai dari pencegahan, penanganan, pembinaan dan pendukung. Dimana setiap Posko melibatkan berbagai elemen, seperti Bhabinkamtibmas, Babinsa, tokoh masyarakat, tokoh agama, tenaga pendamping, tenaga kesehatan dan kader.

Kapolres Ciamis AKBP Hendria Lesmana, S.I.K., M.Si., menilai posko Covid-19 yang dikunjungi sistemnya sudah lancar dan baik terkait pelaksanaan 3T. Mulai dari tracing, jika didapatkan kontak erat dilakukan isolasi secara terpadu atau isolasi mandiri, dan dukungan logistik berjalan cukup lancar.

“Kita semua optimistis semua RT bahkan Desa hingga kabupaten akan masuk zona hijau bila melaksanakan tugas bersama seperti saat ini,” kata AKBP Hendria.

Sementara terkait pelaksanaan PPKM Mikro, menurut AKBP Hendria, berjalan sangat baik dan hasil yang cukup signifikan. Mulai dari aspek sumber daya manusianya, aspek logistiknya sampai aspek kelengkapan posko yang disebut sudah cukup lengkap.

“Berharap ini terus dilanjutkan dan bagaimana kesadaran kita manakala terlihat atau merasa gejala-gejala covid maka diwajibkan kepada warga untuk segera melapor untuk segera dilaksanakan tracing kepada siapa saja yang kontak erat,” ujar AKBP Hendria.

Pada kesempatan tersebut, Kapolres menghimbau kepada pengurus Posko dan masyarakat sekitar untuk selalu menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Yakni dengan selalu melakukan 5M, memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, membatasi mobilitas dan mneghindari kerumunan.

“Saat ini kedisiplinan menerapkan protokol kesehatan menjadi kunci bersama memutus rantai penyebaran Covid-19,” pungkasnya.

( Reymon)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here