Sergap Reborn

Akibat Banjir Jalan Poros Parenggean Rusak dan Berlumpur

Banjir
Sergapreborn Sampit – Kalteng Dampak banjir yang terjadi di wilayah Kecamatan Parenggean, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), membuat jalan poros yang melalui PT Uni Primacom menjadi rusak parah hingga menyebabkan banyaknya kendaraan terjebak lumpur dan mengakibatkan terjadi kemacetan yang panjang.

Salah seorang sopir yang melintas, Priono mengungkapkan, jalan macet ini sudah terjadi sejak tadi malam. Bahkan panjang antrean melebihi 3 km. “Sejak pukul 02.00 WIB kami mengantre, sampai sekarang belum juga bisa lewat.

Padahal sudah siang, sepertinya akan berkemah disini, karena di depan sana banyak truk yang amblas lantaran jalan becek akibat banjir,” ucapnya, Selasa 20 September 2022. Lanjutnya, jalan tersebut merupakan jalan tanggung jawab Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Tengah (Kalteng) yang saat ini belum selesai diperbaiki. Jalan tersebut hanya dilapisi urukan laterit, sehingga ketika diguyur hujan deras, jalan kerap mengakibatkan amblasnya kendaraan yang mengakibatkan berlumpur dan tak ayal membuat kecelakaan lalu lintas. “Apalagi kalau sudah bekas terendam banjir, jalannya pasti rusak parah. Bahkan untuk kendaraan roda dua saja kesulitan melintas, apalagi kendaraan roda empat dan enam yang membawa hasil panen sawit, sudah dipastikan akan amblas,” ujarnya.

Hingga saat ini para sopir truk masih bahu membahu membantu untuk dapat melintas, namun demikian macet berkepanjangan tidak dapat dihindari karena truk yang amblas tidak sedikit, sehingga memakan waktu cukup lama untuk dapat dievakuasi. “Bahkan ada yang belum bisa digerakkan sama sekali truknya karena amblasnya terlalu dalam,” tutupnyanya.
( Sr/Kr)

Exit mobile version