Banjar

Diduga Desa Mart Bumdes Desa Binangun Fiktif

Banjar, – Sergapreborn

Program Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) yang diharapkan pemerintah untuk dapat meningkatkan pendapatan asli Desa (PADES( dan peningkatan ekonomi masyarakat Desa sampai saat ini belum tercapai.

Kebanyakan BUMDES bergerak dalam bidang jasa simpan pinjam memberikan permodalan usaha, namun sayang fakta dilapangan yang ada hanya kemacetan setoran akhirnya uang tidak bergulir dengan baik.

Seperti halnya BUMDES Binangun Kecamatan Pataruman Kota Banjar menurut data yang masuk melalui System Informasi Desa Kemendesa melaporkan BUMDES mempunyai jenis usaha diantaranya, jasa simpan pinjam Desa mart dan sewa peralatan.

Ketika di konfirmasi media sergaprebrn Senin 15/02/21 melalui Sekdes diruang kerjanya mengenai Desa mart ternyata tidak ada toko BUMDES/Desa mart, yang ada hanya sewa peralatan kalau toko tidak ada, dan ditambahkan yang upload BUMDES bukan Bumdes atau Desa ,tapi itu melainkan pendamping Desa, menurut penjelasan pendamping Desa laporan itu merupakan rencana BUMDES kedepan, di input oleh Pusat kata pendamping,” tandasnya.

Sungguh aneh baru rencana sudah dilaporkan dan menjadi laporan kegiatan usaha BUMDES.
Bagaimana bisa BUMDES Binangun melaporkan punya usaha Desa mart ada apa?

Kepada pihak Dinas terkait untuk segera melakukan Investigasi kelapangan mengenai laporan kegiatan usaha BUMDES Desa mart.

(Tim)

Sergapreborn

Menegakan Kebenaran Demi Hukum

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button