Sungai Penuh

DIDUGA Tutupi Pekerjaan Buruk, Kabid BM PUPR Kota Sungai Penuh Manfaatkan “Nama Wadah Wartawan”

Kota Sungai Penuh – Sergapreborn

Pembangunan suatu kota atau suatu daerah tergantung perencanaan dan program bidang, selayaknya membawa manfaat yang besar sehingga masyarakat dapat menikmati hasil pekerjaan tersebut.

Pejabat yang berkualitas dan menguasai bidangnya memang orang yang diberi wewenang dapat menjalankan amanah yang telah diberikan dan tidak melakukan permainan dengan rekanan serta transparan menjelaskan jika ada keluhan dari masyarakat dan dapat mengambil sikap untuk segera memperbaiki.

Dari hasil penelusuran awak media Sergapreborn dan Tim di lokasi pekerjaan Saluran jalan sungai akar-sungai ning kota sungai penuh dengan pelaksana CV.Titania, proyek PL. DIDUGA banyak terjadi pencurian volume karena banyak kejanggalan dalam pengerjaan, dari mulai pekerjaan tidak pernah kelihatan pengawas dari dinas yang mendampingi hanya pemborong pekerjaan ( tukang ).

Kepala tukang inisial “I” saat di konfirmasi Awak media Sergapreborn ( 5/6/2021 ) mengatakan,” Kami diberi kerja dari inisial “M” kami bekerja tidak memegang RAB tapi hanya dikirim gambar U melalui pesan WhatsApp dengan ukuran lebar 20 cm, tinggi 70 cm ( lantai 20 cm , tinggi 50 cm ) dan lebar dinding 20 cm. Kami tidak tahu volume dan panjang pekerjaan ini sebenarnya.” Saat diminta nomor pelaksana kerja ( Kontraktor ) , “I” mengatakan tidak ada dan alamat jelasnya juga tidak tahu.

Penjelasan dari kepala tukang sangat berbeda kenyataan yang didapat awak media Sergapreborn dan Tim di lokasi. Noperial dari LSM Tamperak mengatakan,” Dalam pekerjaan ini DiDUGA banyak terjadi pencurian volume dan asal jadi. Kami mengikuti pembangunan pekerjaan ini.Tebal Lantai hanya 3-5 cm, ujung pekerjaan baru dibuat 20 cm. Lebar dinding bawah kecil dan atas di lebarkan jadi biar tampak sesuai ukuran. Dalam menggunakan bahan material DIDUGA tidak sesuai. Tidak nampak pengawas dari dinas terkait dan pemilik pekerjaan dilokasi.”

Walaupun pekerjaan PL seharusnya dari dinas PUPR kota Sungai Penuh bidang Bina Marga tetap menjaga kualitas sehingga anggaran tidak sia-sia. Kami berharap bapak Wako dapat mengevaluasi pejabat yang hanya menerima hasil tanpa meninjau pekerjaan.” Ungkap Noperial.

Kabid BM Fadil Kastra ditemui awak media Sergapreborn diruang kerjanya (30/7/2021) dan akan dikonfirmasi, Justru menanyakan Ibu tergabung dalam wadah/organisasi apa. Awak media sudah menunjukkan legalitas Id-card wartawan tetapi itu tidak berguna bagi Kabid BM PUPR Sungai Penuh yang dia tahu siapa wartawan yang minta konfirmasi harus tergabung dalam wadah/ organisasi.

Kasi BM Fran saat ditemui awak media (3/8/2021) dan diminta konfirmasi terkait pekerjaan tersebut justru minta kirim photo dan video yang ada pada awak media untuk di pelajari dan dicocokkan dengan laporan pengawas dan jika pekerjaan tersebut kurang volume akan ditambahkan. Fran juga menanyakan hal yang sama tergabung wadah/ organisasi apa. Kasi BM saat ditanya nama dan nomor telepon seluler kontraktor tidak bersedia memberi tahu.

“Dari kejadian yang dialami wartawan saat akan konfirmasi di bidang Bina Marga PUPR kota Sungai Penuh selalu ditanya tergabung dalam wadah/ organisasi apa, Timbul tanda tanya Ada apa, DIDUGA bidang BM ini berlindung dibalik organisasi wartawan sehingga semua pekerjaan dibidang ini aman dari publikasi.” Tutup Noperial.

( SERGAPreborn KSP )

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button