Ciamis

Hari Jadi Kecamatan Banjaranyar Ke-5, Gali Pontensi SDA

CIAMIS, SERGAPreborn –

Dalam masa pandemi covid-19 ini, perayaan Hari jadi Kecamatan Banjaranyar, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, yang di gelar depan aula kantor kecamatan, dilaksanakan secara khidmat dengan nuansa yang sederhana. Kamis (11/2/2021)

Perayaan kegiatan hari jadi tersebut, dihadiri oleh seluruh Kepala Desa se Kecamatan Banjaranyar, Kapolsek Banjarsari, Koramil Banjarsari, ketua BPD dari setiap desa serta dari tim penggerak PKK.

Dalam sambutan pidatonya Drs. H. Anto Risyanto selaku Camat Banjaranyar menyampaikan, kegiatan perayaan hari jadi ini dilaksanak sederhana karena masih dalam pandemi covid-19 serta Kabupaten Ciamis masik menerapkan PPKM secara mikro.

“Walau saat ini kita melaksanakannya dengan nuansa sederhana karena masih dalam masa pandemi covid-19, tapi tidak mengurangi kekhidmatannya” ungkapnya.

“Kecamatan Banjaranyar yang sebagian besarar wilayah pegunungan kurang lebih sekita 85%, tentunya memiliki Sumber Daya Alam (SDA) yang cukup melimpah dan sangat menjajikan.

“Tentunya semua itu harus kita gali dan kita kembangkan yang nantinya bisa menjadi penunjang perekonomian masyarakat” imbuhnya.

Menurut Anto, Sumber Daya Alam (SDA) memiliki potensi untuk dijadikan objek wisata, seperti yang berjalan saat ini, adanya Curug Gumawang dan Kampung Madu di Desa Banjaranyar.

“Selain curug gumawang dan Kampung Madu di Desa Banjaranyar, ada juga Durian dan kopi tugu dari Desa Kalijaya yang telah diakui citra rasanya” terang Anto.

Ditempat yang sama, Endi Supendi Kepala Desa Cikupa sewaktu diwawancara mengatakan, Banjaranyar memiliki banyak potensi, baik alamnya maupun bidang pertaniannya, serta bidang infrastruktur pun dipandang cukup maju dengan pesat.

“Dengan adanya pemekaran Kecamatan yang sudah berumur lima tahun ini, perkembangan bidang infrstruktur cukup maju pesat, hanya tinggal beberapa lagi ruas jalan yang belum tersentuh pembangunan” kata Endi.

“Bidang pelayanan pun kini semaki mudah dan cepat, seperti halnya pelayanan pembuatan KTP sekarang ini cukup membutuhkan waktu sekitar dua puluh memit saja”

“Pelayanan dibidang kesehatan sekarang lebah baik lagi, bangunan puskesmasnya juga tampak begitu megah, tentu semua itu berkat sinegitas semua elemen, dan satu hal Kecamtan Banjaranyar memiliki motto Banjaranyar Sanajan Anyar Kudu Sajajar” pungkasnya.

(Cemoy)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button