Kuningan

*KABID HUMAS POLDA JABAR : DALMAS POLRES KUNINGAN POLDA JABAR GELAR LATIHAN TINGKATKAN KEMAMPUAN PENGENDALIAN MASSA*

Kuningan Polda Jabar -Sergapreborn

Dalam rangka meningkatkan kemampuan anggota, Dalmas Sat Sabhara Polres Kuningan Polda Jabar , Kamis (25/03/21) di halaman Mapolres Kuningan Polda Jabar menggelar pelatihan Pengendalian Massa (Dalmas). Kegiatan pelatihan tersebut dipimpin langsung oleh Kasat Sabhara AKP Muntaha.

“Kegiatan pelatihan ini dilakukan dalam rangka memberikan pembekalan kemampuan kepada anggota sehingga nantinya memiliki kesiapsiagaan dalam menghadapi berbagai aksi unjuk rasa yang terjadi di wilayah hukum Polres Kuningan”, Kata Kapolres Kuningan Polda Jabar AKBP Doffie Fahlevi Sanjaya, S.I.K., M.Si melalui Kasat Sabhara AKP Muntaha.

Selanjutnya Kasat sabhara menjelaskan, bahwa maksud diberikanya latihan ini adalah untuk mengingatkan kembali ilmu yang telah didapat selama pendidikan, sehingga semua anggota Sabhara yang bertugas di lapangan akan selalu siap dan mampu menghapi berbagai tantangan dalam bentuk ikatan kesatuan.

“Pelatihan tersebut juga bertujuan untuk melatih fisik anggota serta kesiapan anggota pada saat menghadapi unjuk rasa yang sebenarnya di lapangan. Selain itu juga untuk mengingat kembali gerakan maupun formasi Dalmas, dalam persiapan pengamanan massa dan mengantisipasi berbagai gangguan Kamtibmas lainnya yang terjadi di wilayah hukum Polres Kuningan”, tutur AKP Muntaha.

“Pelatihan pengendalian massa yang dilakukan tersebut dimulai dari latihan Dalmas awal, yakni pelatihan tanpa menggunakan peralatan sampai dengan menggunakan peralatan seperti helm, tongkat serta tameng dan alat lainnya”, pungkas Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol. Erdi A. Chaniago S.I.K., M.Si

Dalam pelatihan yang diikuti sebanyak 1 SST pengendalian massa tersebut, terdapat beberapa tahapan yang harus dilaksanakan oleh anggota saat di lapangan, seperti tindakan preventif dengan menurunkan tim negosiator, hingga menggunakan peralatan pemecah massa seperti gas air mata yang harus sesuai dengan Standart Operating Procedur (SOP) di lapangan.

(mulyani)

Sergapreborn

Menegakan Kebenaran Demi Hukum

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button