Kerinci

Masyarakat Antusias Melaksanakan Kenduri Sko Negeri Empat Desa Koto Majidin

Kab.Kerinci. Sergapreborn

Empat desa di Koto Majidin bersatu pada hari Minggu, 19/9/2021, dalam melaksanakan festival Kenduri Sko Negeri Empat Desa Koto Majidin. Terlihat masyarakat dan tamu undangan sangat antusias dalam acara yang digelar 4 tahun sekali.

Kata sambutan dari Bupati Kerinci yang diwakili Kadis Pariwisata dan Budaya Kerinci Drs.Juanda Sasmita, “Yang paling banyak diminati wisatawan untuk ke kerinci selain wisata alam adalah juga wisata budaya, yang memiliki ciri khas, seperti acara Kenduri Sko. Untuk kedepannya agar lebih meningkatkan sinergitas, keterpaduan diantara seluruh potensi yang ada, baik itu orang adat, alim ulama, pemuda maupun tokoh-tokoh yang ada diluar daerah.”

“Dalam rangka syukuran atas selesainya panen, maka hari ini dilaksanakan acara Kenduri Sko, yang sempat diundur karena pandemi covid 19. Alhamdulillah kami mendapat dukungan dari masyarakat empat desa Koto Majidin sendiri dan perantau serta semua pihak. Banyak kegiatan yang kita laksanakan pada hari ini seperti kesenian daerah kerinci yang ditampilkan oleh anak-anak dari empat desa Koto Majidin, pengangkatan dan pelantikan orang adat. “Ungkap Kades Koto Majidin Mudik Saptiar.

Herman Hadi salah satu warga yang juga memiliki gelar adat Manti Agung, mengatakan, “Pada acara Kenduri Sko Empat desa Koto Majidin kegiatannya adalah kegiatan rasa syukur anak betino anak jantan terhadap hasil panen yang melimpah serta menjalin silaturahmi antar masyarakat desa Koto Majidin.”

“Pemberian gelar adat kehormatan yang diberikan oleh lembaga kerapatan adat desa Koto Majidin terhadap Ir.H.Amrunas Hadis,MBA dengan gelar adat Depati mujahidin kenano artinya sebagai penguasa wilayah empat desa Koto Majidin. Kemudian pengukuhan ikatan mahasiswa Koto Majidin yang ada di Jambi dan Sumbar. Serta peresmian pengurus lembaga kerapatan adat, pengurus alim ulama dan pengurus ikatan pemuda Koto Majidin.” Tutup Herman Hadi Manti Agung.

( SERGAPreborn KSP )

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button