Sergap Reborn

PEMKOT CIMAHI SOSIALISASIKAN BUKU CITRA ARSIP DAERAH KEPADA GURU SEJARAH TINGKAT SD DAN SMP DI KOTA CIMAHI

Sergapreborn CIMAHI, DISKOMINFO. Dalam rangka meningkatkan pemahaman dan informasi tentang sejarah Kota Cimahi kepada masyarakat, khususnya pada anak sekolah tingkat Sekolah Dasar dan tingkat Sekolah Menengah Pertama di wilayah Kota Cimahi,

Pemerintah Daerah Kota Cimahi melalui Dinas Arsip Daerah Kota Cimahi menggelar sosialisasi Citra Arsip Daerah kepada guru sejarah Tingkat Sekolah Dasar (SD) dan guru sejarah Tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kota Cimahi pada Kamis (30/11/2023) bertempat di Aula Gedung A Pemkot Cimahi.

Staf Ahli Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Tedi Setiadi dalam sambutannya saat membuka kegiatan sosialisasi tersebut mengatakan bahwa Citra Arsip Daerah merupakan satu kesatuan informasi yang menggambarkan dinamika kolektif sebuah daerah yang terbentuk di atas kesadaran sejarah yang dialami bersama. kesadaran sejarah ini diharapkan dapat menjadi landasan moral yang kokoh untuk pijakan melompat ke masa depan yang lebih baik, khususnya bagi masyarakat Kota Cimahi.
“Citra Arsip Daerah Kota Cimahi penting untuk untuk disosialisasikan karena berisi sejarah penting yang harus disampaikan dan diketahui oleh masyarakat, agar semangat untuk membangun daerah terus meningkat, serta menjadi upaya untuk menghormati setiap jasa-jasa para pemimpin maupun masyarakat yang telah memberikan sumbangsih penuh demi kemajuan Kota Cimahi” tuturnya.
Tedi menjelaskan Citra Arsip Daerah Kota Cimahi disusun oleh Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) bersama dengan lembaga kearsipan daerah Kota Cimahi, serta pihak yang terkait.
“kiranya dengan sinergitas bersama, seluruh koleksi kearsipan terkait kota cimahi yang sudah terangkum bisa menjadi media yang dapat menginformasikan kepada pembaca khususnya generasi muda, bagaimana upaya bersama dalam membentuk citra positif daerah yang mendorong kemajuan pembangunan Kota Cimahi” pungkasnya
Sementara Kepala Dinas Arsip Daerah Kota Cimahi Dani Bastian dalam laporannya menyampaikan bahwa kegiatan sosialisasi ini dimaksudkan untuk memberikan pemahaman tentang fungsi arsip yang sumber dari sejarah serta meningkatkan pemahaman masyarakat tentang sejarah Kota Cimahi, sekaligus sebagai tindak lanjut diterimanya buku Citra Daerah Kota Cimahi dari ANRI pada bulan Juni tahun 2023 lalu.

Hadir sebagai narasumber dalam kegiatan sosialisasi tersebut Desi Mulyaningsih dari Arsip Nasional RI dan Dr Miftahul Falah, M.Hum dari Universitas Padjadjaran. (Yani)

Exit mobile version