Cirebon

Antisipasi Bencana Banjir, Tim SAR Sat Brimob Polda Jabar Kembali Patroli Ke Jalur Sungai Cipager

Cirebon Polda Jabar – Sergapreborn

Tim SAR Kompi 1 Batalyon C Pelopor Sat Brimob Polda Jabar laksanakan kegiatan patroli dan pengecekan ke beberapa sungai dan juga kawasan antisipasi terjadinya bencana alam memasuki peralihan musim yang menyebabkan perubahan cuaca extrem dalam beberapa pekan ini, Rabu (21/4/2021).

Kegiatan ini dilaksanakan di salah satu aliran sungai Cipager, dimana sungai ini melintasi beberapa kawasan dan desa sehingga dikhwatirkan apabila terjadi hujan besar secara mendadak bisa terjadi banjir.

Dalam kegiatan yang dilaksanakan tersebut, tim siaga SAR yang dipimpin Bharatu Heri Permana menyampaikan bahwa kegiatan yang dilaksanakan ini adalah salah satunya untuk deteksi dini atau agar lebih bisa mengetahui sejak awal apabila nantinya terjadi peningkatan debit air yang sewaktu – waktu bisa terjadi akibat dari curah hujan yang tinggi dan tidak menentu seperti saat ini.

Kedepan Tim siaga SAR dari Satuan Brimob Polda Jabar dan juga instansi lainnya bisa menentukan langkah awal penanganan dan juga langkah selanjutnya saat banjir terjadi.

Ditempat terpisah Komandan Satuan Brimob Polda Jabar Kombes Pol. Yuri Karsono, S.I.K., melalui Danyon C Pelopor Akbp Muhammad Andri S.Si., menyampaikan bahwa, “Curah hujan yang tidak teratur akhir – akhir ini disertai angin kencang yang melanda di beberapa daerah Cirebon, maka Tim SAR dari Batalyon C Pelopor rutin melaksanakan giat pemantauan dan monitoring di beberapa kawasan yang rawan terjadinya banjir”.

Kami tetap himbau dan ingatkan kepada seluruh warga masyarakat untuk bisa ikut serta berpartisipasi dan mau menjaga sungai yang berada di lingkungannya agar tetap mengalir dengan baik dengan cara tidak membuang sampah secara sembarangan ke sungai. Apabila aliran air sungai terhambat, otomatis banjir pun akan terjadi dan memberikan kerugian yang besar kepada masyarakat.

Yuri Karsono juga menambahkan, “Semoga dengan kegiatan patroli rutin yang dilaksanakan oleh Tim Sar ini bisa memberikan rasa aman dan nyaman kepada warga masyarakat, dan juga bisa mengantisipasi segala kemungkinan yang bisa saja terjadi karena tugas utama dari anggota Polri yaitu untuk melindungi dan melayani masyarakat khususnya di Jawa Barat ini”. Tuturnya.

(mulyani)

Sergapreborn

Menegakan Kebenaran Demi Hukum

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button