Ciamis

Beredar Pupuk Palsu Petani Ciamis Resah

Ciamis, Sergapreborn.id Akibatkan pupuk yang digunakan disaat musim tanam diduga kuat palsu,
Petani di Desa Sindangasih Kecamatan Banjarsari Kabupaten Ciamis mengeluh karena padi yang dipanen hasilnya tidak baik.

Giatman salah seorang petani menjelaskan, disaat musim tanam di wilayah Desa Sindangasih Kecamatan Banjarsari jenis pupuk phonska sangat langka. Ketika datang seseorang menawarkan pupuk dengan jenis yang sama harga dibawah pasaran, Sontak para petani semua membelinya.

“para petani tergiur dan membelinya dengan harga Rp.100.000, padahal waktu itu di pasaran dipatok di kisaran Rp 130.000 / Rp 140.000, “terangnya.

“Saat itu tidak menaruh curiga atas pupuk yang akan dibelinya, masyarakatpun berduyun – duyun memesan dan membeli pupuk tersebut kepada inisial E, karena sangat diperlukan dikala musim tanam.” Katanya Selasa, 8/3/2022.

Selain Giatman, dugaan pupuk palsu dirasakan oleh Yatman warga Dusun Gunung Damar Desa Sindangasih Kecamatan Banjarsari.

Yatman menjelaskan,”ada perbedaan mencolok saat Pupuk yang diduga palsu itu terlihat berbeda secara fisik setelah dimasukan ke dalam air dan berubah warna dari merah menjadi putih dan tidak hancur, “Ujarnya

Ia mengatakan, pupuk merk Kanada dengan berat Netto 50 kg dilihat dari legalitas Pupuk tersebut perijinan lengkap akan tetapi setelah ditabur, tanaman menjadi kuning daunnya.

Ia berharap kepada Dinas Pertanian Kabupaten Ciamis dan instansi terkait lainnya untuk segera cepat turun tangan untuk memeriksa pupuk tersebut serta melakukan tes laboratorium apakah pupuk merk Kanada itu Asli pupuk atau bukan dan serta di informasikan kembali kepada para petani agar menjadi kehati – hatian dikemudian hari,”pungkas Yatman

Heryadi

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button