Ciamis

Gelar Budaya Sunda -Bali di Situs Karangkamulyan Perlihatkan Budaya Sunda

Sergapreborn Ciamis Bertempat di Situs Bersejarah Karangkamulyan Kecamatan Cijeungjing Kabupaten Ciamis Menggelar kegiatan budaya Sunda -Bali yang diadakan pertama kalinya dilaksanakan sebagai bagian dari penguatan sejarah dan kebudayaan antara budaya bali dan budaya sunda yg sebenarnya telah terjadi. keduanya memiliki sejarah kebudayaan satu spektrum yg sama sejak lama. Dalam Kegiatan tersebut digelar di situs budaya karang kamulyan cijeungjing ciamis pada hari kamis , 8 desember 2022 .

Dokumentasi Vidio Sergapreborn
tampak Kadispora di wawancara
kadis Pariwisata Budi Kurnia

Dalam acara kegiatan gelar budaya sunda -bali di hadiri Irjen Pol Purnawirawan Drs Anton Charlian ,Kadispora Kabupaten Ciamis Kadis Pariwisata ,Para sesepuh Galuh,Tokoh adat,Para Resi,para budayawan dari berbagai elemen dan tamu undangan lainnya.

Menurut Kadis Pariwisata Kabupaten Ciamis Budi Kurnia kegiatan tersebut berbalut budaya yang kontenya merupakan hal sensitif berkaitan dengan keyakinan. Walau demikian, Ciamis membuktikan kembali bisa menggelar sebuah acara yang kontennya sangat berat.

Kebanggaan bahwa tanah galuh atau tanah karangkamulyan lagi-lagi ini terbukti yang ribuan tahun adalah pusat
Peradaban dunia

Di Ciamis ada beberapa tempat situs situs yang membawa manfaat dan menjadi berkah bagi masyarakat Ciamis diantaranya para pengunjung selain situs Karangkamulyan, ada Astana Gede juga Panjalu itu berdampak positif untuk pariwisata dan meningkatkan perekonomian masyarakat.

Di tempat yang sama erwan Darmawan Kadispora Kabupaten Ciamis Mewakili Bupati Ciamis yang berhalangan hadir sangat mengapresiasi kegiatan tersebut menyambut baik siapa pun yang datang ke Kabupaten Ciamis, dan ini merupakan bagian upaya budaya sunda makin di kenalkan ke tamu undangan yang datang di luar sunda jelasnya.
(Lili Romli )

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button