Jalan Sidangrasa – Cigayam Ciamis Rusak Parah, Tak Urung Diperbaiki

0
112

CIAMIS, SERGAPreborn

Ruas Jalan Sindangrasa – Cigayam yang tak urung diperbaiki membuat warga dari kedua desa yakni Desa Sindangrasa dan Desa Cigayam yang keduanya masuk pada wilayah Kecamatan Banjaranyar, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. merasa tidak diperhatikan. Pasalnya ruas jalan tersebut kondisinya saat ini cukup memperihatinkan.

Menurut Dodi Haryana selaku Kepala Desa Cigayam saat dikonfirmasi di tempat kerjanya mengatakan, bahwa selain rusaknya jalan tersebut diperparah dengan adanya tebing tanah curam yang sewaktu waktu dapat membahayakan pengguna jalan.

“Setiap tahun kita selalu mengusulkan ruas jalan ini, karenan memang sangat dibutuhkan oleh warga dari Dusun Mekarjaya dan dusun Cihideung sebagai akses jalan menuju kantor kecamatan atau pusat kota” ungakpnya, Rabu (10/03/2021)

“Selain jalan yang sudah rusak parah ditambah juga dengan adanya tebing tanah curam di blok tugaran yang sangat membahayakan warga. Kurang lebih tingginya sekitar 80 meter dan panjang tebing sekitar 200 meter” terang Dodi

Lanjut Dodi bahwa dalam kondisi musim hujan selain jalan yang dipenuhi genangan air, tebing tanah sering mengalami longsor.

“Sampai saat ini belum ada korban, namu bahaya longsor selalu menghantui warga kami, karena tebing tersebut sering longsor ” imbuhnya.

“Saya sangat berharap kepada Pemerintah Kabupaten Ciamis untuk segera merealisasikan pembangunan jalan dan tembok penahan tebing (TPT)” harapnya.

Ditempat berbeda, Kepala Desa Sindangrsa Egi Suprayoga Syamsu, ST. Mengeluhkan pada awak media SERGAPreborn tetang ruas Jalan Sidangrasa – Cigayam yang urung dibangun.

“Warga kami kalau mau mengurus keperluan ke kantor Kecamatan, seperti mau membuat KTP, itu harus memutar jalan melalui jalur Jalan Entrong – Kalijaya, karena memilih jalan yang bagus” Kata Egi

“Apalagi pengguna roda empat, jika ada keperluan ke kantor Kecamtan dan ingin menggunakan jalan bagus, harus memutar lebih jauh lagi, melewati Cikohkol Desa Sukasari Kecamatan Banjarsari, sebab satu-satunya jembatan penghubung menuju jalan entrong Kalijaya kan sekarang sudak tidak ada lagi, akibat hanyut saat banjir yang terjadi beberapa bulan ke belakang” terangnya.

“Harapan saya juga sama, agar secepatnya ruas jalan Sindangrasa – Cigayam segera dibangun, untuk mempermudah warga kami jika ada keperluan ke pusat kota Kecamatan tidak kesusahan lagi harus melalui jalan rusak atau jauh memutar” pungkasnya.

(Cemoy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here