Karawang

Kantor Kepala Desa Gebang Jaya di demo Sabtu Kemarin! Begini Penjelasan Kades Gebang Jaya

Karawang,SERGAPreborn –

Beberapa warga Desa Gebang Jaya menggeruduk datangi Kantor Desa Gebang Jaya Kecamatan Cibuaya Kabupaten Karawang pada sabtu 24 juli 2021 kemarin. Pasalnya menurut info yang dihimpun Unjuk Rasa di depan Kantor Desa. untuk menanyakan hak mereka yang sebelumnya mendapat kan Bantuan langsung Tunai (BLT) yang bersumber dari dana Desa, tapi untuk tahun ini tidak mendapat kan Bantuan Langsung Tunai.

Pada tahun 2020 menurut informasi data yang di peroleh jumlah penerima manfaat Bantuan langsung Tunai itu ada 232 KK, sedang kan untuk tahun ini jumlah penerima manfaat nya ada pengurangan yang signifikan yaitu sebanyak 100 kk, warga masyarakat yang sebelum nya mendapatkan tetapi tahun ini tidak mendapatkan,

Menurut salah satu perwakilan warga yang melakukan demo, mengungkapkan. pihaknya mewakili puluhan warga masyarakat Gebang Jaya yang mengharapkan mendapatkan BLT tersebut. 

“Kepada pihak terkait agar segera melakukan tindakan, terkait permasalahan yang terjadi di Desa kami. Kami hanya inginkan keadilan dan kejujuran. Karena menurut kami penerima manfaat bantuan ini ada pengurangan, yaitu sekitar 132 KK dari jumlah 232 KK yang hilang atau memang diduga hilangkan”  ujarnya.

Saat dikonfirmasi Kepala Desa Gebang Jaya. Nuryaman menuturkan. Warga yang demo, selain datang ke Kantor Desa, mereka juga datang ke kediaman saya, mereka mengetuk-ngetuk pintu, ada juga yang menendang-nendang pintu rumah. Hingga mengakibatkan istri saya syok, bahkan anak saya juga sampe ngumpet. Keluarga saya pada ke takutan warga pada datang ke rumah. Setelah diberi penjelasan Ke Warga yang datang Kerumah. Akhirnya masa membubarkan diri masing – masing.

Ucap Lanjut Nuryaman. Sebelumnya pembagian BLT DD kan sudah dirapatkan di Musyawarah Desa Khusus. Di Hadiri Oleh BPD. Pendamping Desa. Tokoh Masyarakat. LPM. Karang Taruna. Dari perangkat desa. RT. Wakil Kepala Dusun. Semua mengetahui.

“Saya sering konsultasi ke Kades – Kades yang lain. Saya juga memprediksi bakal ada usulan demo bakal terjadi. Sebab kenapa. Kuota dari sananya 100 sedangkan KPMnya ada 232. Sebenarnya saya pribadi sudah menjalankan prosedur dari atasan. Bukan kemauan saya kuota KPM 100. Bukan kemauan dari perangkat ya bukan. Kemauan sayamah maunya semuanya dapat kebagian semua. Itukan sudah ada aturanya jumlah kuotanya 100 KPM. Ya saya bagikan seratus KPM sesuai dengan prosedur. 100 KPM Ă— Rp. 300.000 = 30.000.000. Tutur. Nuryaman. Saat ditemui Ruang Kerjanya. 26/7/2021.

Nuryamaman Menambahkan. Batas pembagian itu aman. Satu Minggu Aman. Setelah 2 minggu kemudian ada unjuk rasa ke kantor Desa. Itu juga sudah dijelaskan yang ga kebagian pasti akan kebagian sistimnya digulir per tri wulan.

Sementara itu Yanto. S.Pd, M.Pd selaku Kasie PMD. Kecamatan Cibuaya. dalam kunjunganya bersama staffnya Mengatakan. Kalau pandangan saya masyarakat demo itu sah – sah saja. Tapi kepala desa juga harus memberitahukan permaslahanya. Kalau Kepala Desa sudah menjelaskan permaslahanya trus apa yang di demokan. Yang ditanyakan demo itu dari dana desa tentang BLT. 232 itu. Pada tahun 2020. Setelah itu Muncul angka pengurangan yang ditentukan oleh desa. Munculnya variatip. Desa ini desa gebang jaya. tahun ini muncul angka 100 KPM. Darimana angka muncul 100 berdasarkan hasil verivikasi dilapangan yang dianggap layak untuk mendapatkan BLT. Kapan itu masuknya dari awal tahun.

Dalam kunjunganya Yanto. Berpesan kepada Kepala Desa Gebang Jaya. Penggunaan Dana Desa akan aman apabila sesuai dengan peraturan menteri desa PDTTRI no 13 Tahun 2020. Kemudian PMK no 222 tentang pengelolaan dana desa kemudian peraturan bupati karawang no 45 Tahun 2021. Insya Allah aman ikuti aturan itu saja.

(Nara)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button