Ciamis

M-PERJAKON datangi BBWS pertanyakan Bangunan irigasi tidak berfungsi

Ciamis, Sergapreborn.id Masyarakat Pemerhati Jasa Kontruksi (M-Perjakons) Kota Banjar propinsi Jawa Barat, Mendatangi Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Citanduy Jalan Prof. Ir. H. Sutami, Nomor 1, Kecamatan Purwaharja, Kota Banjar, Selasa (15/2/2022).

Kedatangan mereka meminta audiensi yang sebelumnya sudah dilayangkan M-Perjakon ke BBWS Citanduy guna meminta dengar pendapat terkait pekerjaan tahun sebelumnya.

Diungkapkan Sekretaris M-Perjakon, Kota Banjar, Ujang Solihin bahwa pembangunan irigasi Bantarheulang, Pulomajeti, Cibuntu Kota Banjar, sampai sekarang ini tidak berfungsi dan tidak manfaat dalam mengairi sawah di Wilayah Desa Raharja dan Mekarharja Kota Banjar dengan luas kisaran 200 hektar.

Diungkapkan Ketua M-Perjakon Kota Banjar, Kartiwa yang akrab disapa Iwa mengatakan, pekerjaan di tahun sebelumnya diduga ada pengurangan mutu dan kualitas pekerjaan.

“beberapa komponen material bangunan hasil pekerjaan beton tidak mencapai karakteristik sebagaimana yang ditentukan berdasarkan norma yang berlaku dan disepakati dalam dokumen kontrak kerja kontruksi, ” Ujarnya.

Iwa juga menambahkan pada titik tersebut banyak merugikan masyarakat khususnya para pelaku pengadaan pekerjaan yang sampai saat ini ada yang belum dibayar, “tambahnya.

Terpisah, Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Irigasi, Andi Sulistiono mengatakan, “terkait permasalahan di lapangan, pihak BBWS Citanduy saat ini sedang melakukan rehabilitasi jaringan irigasi yang berfungsi untuk mengurangi kehilangan air serta melakukan normalisasi dari hulu ke hilir, ” Ucapnya.

Andi berharap dengan adanya rehabilitasi dari hulu ke hilir, Air akan mengalir secara gravitasi ke hilir dan bisa dimanfaatkan untuk masyarakat petani.

Dengan adanya dugaan kurang mutu dan kualitas, Andi mengatakan, mengenai hal itu pihaknya sudah melakukan penilaian atau pengujian sebagaimana mestinya.

“Jadi, hal itu tentu sudah sesuai sebagaimana mestinya,” ujarnya.

Disinggung mengenai pemenang lelang di BBWS Citanduy dimenangkan oleh pihak tertentu saja, menurut Dia, BBWS Citanduy hanya memberikan perencanaan yang hendak dibangun, akan tetapi untuk lelangnya itu ada di ranah Balai Pelaksana Pemilihan Jasa Konstruksi (BP2JK).

“Yang menang itu orang mana, tentu tidaklah menjadi persoalan, kenyataannya dari tahun-tahun sebelumnya, pemenang lelang pekerjaan selalu melibatkan putra daerah,” ucapnya.

“Terkait pemenang lelang tentu itu hasil yang terbaik. Tetapi, jika ingin ada putra daerah atau lokal yang menang, ya silahkan saja bikin penawaran yang bagus, supaya panitia lelang akan memenangkan lelangnya,” Pungkasnya

Heryadi

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button