Lampung

Menteri Perhubungan RI Dan Kepala BNPB Tinjau Pelabuhan Bakauheni

BAKAUHENI – Sergapreborn

Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi dan Kepala BNPB Letjen (Pur) Doni Monardo tinjau Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan.

Rombongan tiba di Pelabuhan Bakauheni sekira pukul 17.20 WIB, Sabtu (22/5/2021) sore. Sebelumnya, rombongan sempat melakukan peninjauan pelaksanaan tes GeNose di bandara Sultan Mahmud Baharuddin II dan pelayanan gratis rapid test Antigen di Terminal Alang-alang Palembang, Sumatera Selatan.

Kedatangan mereka disambut langsung oleh Kapolda Lampung Irjen Pol Hendro Sugiatno, Danrem 043/Gatam Lampung Brigjen TNI Drajad Brima Yoga, Sekda Provinsi Lampung Fahrizal Darminto, Bupati Lampung Selatan Nanang Ermanto, Kapolres Lampung Selatan AKBP Zaky Alkazar Nasution beserta jajaran, Dirut PT ASDP Indonesia Ferry Ira Puspa Dewi dan GM ASDP Cabang Bakauheni Solikhin.

Setiba di area Pelabuhan Bakauheni, Menhub bersama Kepala BNPB dan yang lainnya menyempatkan diri berinteraksi dengan calon penumpang di loket tiket pejalan kaki sekaligus melihat langsung pelayanan mandatory checking yakni tes rapid Antigen oleh petugas.

Menhub bersama Kepala BNPB dan Kapolda Lampung kemudian menggelar jumpa pers yang kebetulan sedari tadi memang telah ditunggu oleh para awak media.

Budi Karya Sumadi mengatakan kepada awak media, sekitar 400 ribu orang telah menyebrang ke Sumatera dan menurut catatan baru 35% yang telah kembali ke pulau Jawa.

“Harus ada upaya lebih dari kita bagaimana dan berapa lama melakukan test rapid di Lampung. Sumatera dan Jawa ada suatu perbedaan, di Sumatera agak naik sedikit dan di Jawa lebih turun (kasus Covid-19. Red),” buka Budi Karya.

Menhub juga meminta kepada pihak terkait yang ada di Provinsi Lampung gar betul-betul teliti sehingga masyarakat yang terpapar Covid-19 tidak bisa lolos menyebrang ke Pulau Jawa.

“Semoga apa yang kita laksanakan mendapatkan ridho dari Allah SWT. Sekali lagi saya mengucapkan terima kasih kepada pak Doni dan kawan-kawan sudah melaksanakan tugas dengan baik,” puji Menhub.

Mendapat giliran berikutnya, Doni Monardo mengutarakan bahwa mayoritas wilayah Sumatera berstatus zona oranye dan merah. Dirinya berharap, semua pihak dapat mementahkan teori ping-pong dimana suatu daerah bergantian mengalami kenaikan dan penurunan kasus Covid-19.

“Selama beberapa hari terkahir, sebanyak 338 orang dinyatakan positif Covid-19 berdasarkan hasil tes swab PCR. Dan ini angka yang sangat besar,” sebut Doni mengingatkan.

Namun, pihaknya juga menyampaikan terima kasih kepada seluruh masyarakat yang telah secara sukarela bersedia diperika baik itu menggunakan tes Antigen, GeNose dan swab PCR.

“Seluruh petugas telah bekerja dengan ikhlas selama 24 jam. Mudah-mudahan kerja keras bapak ibu semua dan kepatuhan masyarakat untuk mengikuti arahan dari Pemerintah dapat membantu mengurangi laju peningkatan kasus Covid-19 di tanah air kita. Sekali lagi,
kolaborasi, kerjasama, displin dan konsistensi kita dalam pengendalian Covid-19, Insya Allah akan membantu bangsa kita mengurangi resiko Covid-19 dan tidak terjadi kekhawatiran seperti yang sekarang dialami oleh sejumlah negara,” sebut Ketua Satgas Penanganan Covid-19 penuh harap.

Pada kesempatan yang sama, Irjen Pol Hendro Sugiatno memaparkan data dari jajarannya dimana selaku mandatory check di Provinsi Lampung sampai dengan hari ini telah memeriksa sebanyak 138.066 orang dan 27.931 orang kedapatan tidak membawa surat keterangan negatif Covid-19.

Jendral bintang dua itu juga menjelaskan, sebanyak 338 orang dinyatakan positif Covid-19 berdasarkan hasil tes swab PCR yang dilakukan oleh Dinas Kesehatan dan kesemuanya telah dilakukan isolasi di wilayah Lampung Selatan. Per hari ini, pihaknya mengklaim telah menambah ketersediaan ruang isolasi bertempat di asrama haji di Bandar Lampung dan 100 ruang isolasi cadangan di rumah sakit swasta.

“Saya menghimbau kepada masyarakat yang ingin kembali ke Jawa, agar kami bekerja lebih ringan, kami menghimbau agar membawa surat keterangan negatif. Itu hukumnya wajib,” tegas Kapolda selaku Ketua Satgasus Penanganan Pemeriksaan Covid-19 di Provinsi Lampung.

Setelah serangkaian peninjauan selesai, rombongan kemudian bertolak ke Bandar Udara Internasional Radin Inten II dan melanjutkan perjalanan kembali ke Jakarta. (Jun)

Sergapreborn

Menegakan Kebenaran Demi Hukum

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button