Ciamis

KISRUH PEMINDAHAN PERANGKAT DESA GUNUNGCUPU KECAMATAN SIDANGKASIH KABUPATEN CIAMIS

Ciamis, Sergaprebon. Camat sindangkasih Dra Rina Takarina M. Si mengeluarkan rekomendasi tertulis kepada kepala desa gunungcupu terkait pemindahan lima orang perangkat desa gunungcupu atas laporan lisan kepala desa, dengan dasar perbub no 80/2016 pasal 27 ayat (1) dan (2). Dalam ayat (2) tersebut tidak tertulis mekanisme pelaksanaanya .

Akibatnya tejadi penapsiran yang berbeda beda dan dapat dijadikan celah untuk kepentingan lain.
Untuk menghindarkan hal yang krusial tersebut sesuai dengan fungsinya Pemerintahan Kecamatan mengawasi kegiatan yang dilakukan perangkat desa dalam tugas bidang pemerintahan dan juga pelayanan kepada masyarakat yang berkaitan dengan administrasi yang Intinya melakukan pembinaan dan edukasi
Sehingga jika terjadi masalah di desa dengan cepat dapat diselesaikan dan tidak terjadi kekisruhan seperti yang terjadi di desa gunungcupu.

Camat dapat menolak dan dapat mengabulkan permohonan rekomendasi kepala desa berdasarkan hasil kajiannya.

Menurut nara sumber dari salah satu anggota BPD agus ketika diwawanca rabu 10/2 – 2022 , ” saya tidak pernah diajak rapat tentang evaluasi pemindahan lima orang perangkat desa gunungcupu. Meskipun ada kewenangan kepala desa berdasarkan regulasi namun secara etika , BPD perlu diajak musyawarah secara resmi , agar ketika saya ditanya oleh masyarakat dusun diwilayah saya dapat menjawab dan menerangkan dengan gamlang .

Jangan muncul bahasa dari masyarakat yang mengtakan bahwa BPD , ” euweuh gawena ” , selanjut nya agus mengatakan bahwa BPD
Mempunyai tupoksi :
a .Menggali aspirasi masyarakat.
b .Menampung aspirasi masyarakat .
c .Mengelola aspirasi masyarakat .
d .Nenyalurkan aspirasi masyarakat .
e .Menyelengarakan musyawarah BPD
f . Menyelenggarakan musyawarah desa
g .Membentuk Panitia PILKADES .
h .Menyelengarakan MUSDES khusus .
Dalam tupoksi ini sangat jelas posisi BPD dalam pemerintahan desa , BPD perlu dilibatkan untuk diajak musyawarah urusan desa .

Ketika di konfirmasi dirumahnya pada
Hari selasa tanggal 8 maret 2022 Camat Sindangkasih Rina bersikukuh bahwa kepala desa tidak melaporkan berita acara evaluasi pemindahan lima orang perangkat desa secara tertulis. Namun secara lisan Pemindahan perangkat desa tersebut, dapat dilaporkan secara lisan dan secara tertulis ucap beliau , ini mengacu pada Perbup Nomor 80 tahun 2016 pasal 27 ayat ( 1) dan ayat ( 2) .

Kepala Desa mempunyai kewenangan untuk memindahkan atau memberhentikan perangkat desa, ketika tidak ada musyawarah di desa dengan BPD sebagai etika dalam menjalankan roda pemerintahan desa.
Kewenangan kepala desa perlu di sosialisasikan dengan benar agar tidak terjadi salah faham.
Ini yang terjadi di desa gunung cupu , kewenangan tersebut dianggap ke- sewenang- wenangan
sehingga menimbulkan kekisruhan di warga masyarakat Desa Gunungcupu.

(Tim)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button