Karawang

Proyek Pekerjaan Normalisasi Saluran Irigasi di Wilayah Desa Purwamekar di Duga Kangkangi UU KIP dan Perpres”

Karawang, SERGAPreborn.id –

Proyek pekerjaan normalisasi saluran irigasi diwilayah Desa Purwamekar Kecamatan Rawamerta Kabupaten Karawang diduga telah mengangkangi UU no 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP) dan Perpres no 54 tahun 2010 juga Perpres no 70 tahun 2012.

Pasalnya, dari pantauan awak media SERGAPreborn dilokasi proyek pekerjaan normalisasi tidak ditemukan adanya papan informasi proyek yang menjelaskan tentang pekerjaan tersebut sehingga diduga kuat ada unsur kesengajaan dari pihak kontraktor maupun pelaksana untuk tidak memasang papan informasi proyek.

Dengan tidak dipasangnya papan informasi proyek masyarakat jadi tidak bisa mengontrol proyek pekerjaan normalisasi saluran irigasi tersebut.

Dalam Perpres No 54 tahun 2010 dan Perpres Nomor 70 tahun 2012 telah dijelaskan, bahwa setiap proyek fisik itu wajib memasang papan informasi yang memuat jenis kegiatan, lokasi proyek, nomor kontrak, mulai pengerjaan, pelaksana proyek, dan sumber dana anggaran.

Menurut Atim, warga Dusun Cilempuk Rt 07/Rw 03 mengatakan, proyek pekerjaan normalisasi saluran irigasi ini seharusnya dikerjakan disebelah sana dikarenakan disini kalinya sudah dalam gak perlu dikeruk lagi, sedangkan yang disebelah sana sudah dangkal sama tanah dan sampah sehingga air disini jadi menggenang tidak mengalir kesana.

“Seharusnya dikerjakan disebelah sana pak bukan disini. Kan yang dikeruknya juga yang dangkalnya bukan yang sudah dalam,” ujar Atim ketika diminta tanggapan terkait adanya proyek pekerjaan normalisasi saluran irigasi. Senin (5/7/2021) sore hari dibelakang kediamannya.

Hingga berita ini diterbitkan, sementara pihak kontraktor maupun pelaksana pekerjaan proyek normalisasi saluran irigasi diwilayah Desa Purwamekar Kecamatan Rawamerta belum bisa ditemui atau dihubungi untuk dimintai keterangan lebih lanjut.

(Alim)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button