Kerinci

Sahril Hayadi,”Dana Keamanan Pilkades Kerinci Tahun 2021 Dianggarkan Dari ADD”

Kerinci – Sergapreborn

Pemilihan kepala desa yang dilaksanakan serentak 152 desa di kabupaten Kerinci pada waktu lalu, masih menyisakan kemelut seperti ada beberapa sengketa Pilkades yang belum ada penyelesaian dan pertanyaan masyarakat besarnya dana keamanan yang dianggarkan untuk per desa .

Hasil penelusuran Awak media Sergapreborn di desa yang menyelenggarakan Pilkades dan Mantan Panitia Pilkades (minta identitas dirahasiakan) mengatakan “Dana untuk Pilkades sebesar 20 juta-25 juta dianggarkan. Tapi kami menerima dana talangan dulu dari Kepala Desa bahkan ada yang hutang untuk menutupi dana yang terlambat. Dana Pilkades tidak utuh kami terima karena ada pemotongan 4 juta untuk keamanan dan 1 juta untuk camat.”

“Pemotongan tersebut kami nilai terlalu besar, secara kumulatif 152 desa dikalikan 4 juta, Ratusan juta yang mereka terima, sedangkan kami kerja mempersiapkan semua dari beberapa bulan hanya menerima honor tidak seberapa.” Lanjutnya

Kadis Pemerintahan Desa kab.Kerinci Sahril Hayadi saat dikonfirmasi awak media Sergapreborn diruang kerjanya (22/7/2021) mengatakan,” Dana Pilkades sebesar 20 juta -25 juta bahkan ada yang 30 juta sesuai dengan kebutuhan desa tersebut dalam pelaksanaannya dan untuk biaya keamanan tidak dipotong tapi memang dianggarkan di ADD tahun 2021. Dari Polres Kerinci mengajukan proposal biaya keamanan kepada Pemdes Kerinci dan kami ajukan ke Bupati selanjutnya disetujui Bupati. Untuk pihak Polres sebesar 3 juta perdesa dan Kodim 1 juta perdesa, kalau untuk camat kami tidak tahu.”

“Kami hanya memfasilitasi untuk menyerahkan ke Polres dan Kodim, ada SPJ dari desa dan ada serahterima kepihak Polres dan Kodim. Dana yang sudah terkumpul sudah kami serahkan. Sampai sekarang ada beberapa desa yang belum menyelesaikan dana keamanan tersebut, bahkan saya memerintahkan ke staf untuk menjadikan syarat pelunasan uang keamanan pada waktu desa mengajukan pencairan karena kami pun ditagih dari Polres dan Kodim.” Tutup Sahril.

( Sergapreborn KSP )

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button