Cirebon

SAT BRIMOB POLDA JABAR CEK DEBIT DAN ARUS AIR, BENTUK KESIAPSIAGAAN ANTISIPASI BENCANA BANJIR DI MUSIM HUJAN

Sergapreborn Cirebon Meningkatnya curah hujan yang terjadi di beberapa wilayah Cirebon dalam beberapa hari terakhir menyebabkan beberapa sungai yang ada di Kabupaten Cirebon mengalami sedikit peningkatan baik itu ketinggian, debit, dan juga arus airnya.

Dalam rangka mengantisipasi dan juga bentuk kesiapsiagaan satuan dalam menghadapi kemungkinan bencana yang terjadi di wilayah zona Backup. Tim patroli siaga SAR dari Kompi 1 Batalyon C Pelopor Satbrimob Polda Jabar laksanakan pengecekan ke beberapa pintu air, Minggu (25/02/2024). dan kegiatan yang dilaksanakan ini untuk memantau perkembangan dan peningkatan debit air di beberapa sungai besar di Kota dan Kabupaten Cirebon.

Tingginya curah hujan beberapa hari ini mengalami peningkatan dibanding sebelumnya dan dikhawatirkan akan terjadi banjir secara tiba – tiba atau dikhawatirkan adanya kiriman air dari hulu sungai yang tentunya mengakibatkan banjir apabila turun dalam waktu yang cukup lama.

Untuk mengantisipasi segala kemungkinan dan juga sebagai langkah pencegahan bencana para personil mengunjungi pintu air yang berada di daerah Cirebon Girang Kec. Talun Kabupaten Cirebon, tujuan utamanya adalah untuk mengecek debit dan ketinggian air sungai, debit air sungai memang mengalami peningkatan untuk saat ini, karena hujan yang terjadi aliran airnya masih bisa dikatakan normal dan tidak menimbulkan kerawanan bencana.

Komandan Satuan Brimob Polda Jabar Kombes Pol. Donyar Kusumadji S.I.K kepada jajaran menyampaikan Satuan Brimob Polda Jabar wajib menyiapkan dan menyiagakan personil antisipasi apabila terjadi bencana yang terjadi, satuan Brimob Polda Jabar wajib untuk cepat hadir di tengah masyarakat apabila bencana terjadi”, ucapnya.

Kami ingatkan kepada seluruh warga masyarakat yang mayoritas beraktifitas dan juga bermukim di sepanjang daerah aliran sungai (DAS) untuk tetap waspada mengingat curah hujan yang masih tinggi yang terjadi di wilayah Cirebon ini. Potensi bencana banjir dan tanah longsor bisa terjadi dimana saja di saat musim penghujan ini, kami himbau kepada masyarakat untuk tetap waspada dan siap siaga menghadapi bencana banjir ini.

Dalam kegiatannya Tim SAR, selain melaksanakan pengecekan juga dilaksanakan pemberian himbauan dan sosialisasi, masyarakat kami himbau untuk tetap menjaga kebersihan sungai dengan tidak membuang sampah secara sembarangan. Karena  dikhawatirkan menumpuknya sampah di pintu air justru akan membuat aliran air menjadi terganggu sehingga terjadi luapan yang menyebabkan banjir.

YN

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button