Ciamis

Sekda Ciamis Buka Seleksi Tambahan Balon Kades untuk Pilkades Serentak 2022

Ciamis Sergapreborn 5/3/2022 Mewakili Bupati Ciamis, Sekretaris Daerah Tatang membuka pelaksanaan Seleksi Bakal Calon Kepala Desa (Balon Kades) di Aula FISIP Universitas Galuh Ciamis, Sabtu (5/3/2022).

Ada Sebanyak 19 orang yang mengikuti seleksi tambahan Balon Kades. Diantaranya dari Desa Imbanagara 6 orang, Desa Bangbayang 6 orang dan Desa Purwadadi 7 orang.

Sekretaris Daerah Kabupaten Ciamis Tatang menjelaskan, pelaksanaan seleksi tambahan dilakukan berdasarkan ketentuan Pasal 25 Permendagri nomor 112 Tahun 2014 tentang Pemilihan Kepala Desa. Dalam aturan tersebut menyatakan bahwa Balon Kades yg memenuhi syarat lebih dari 5 orang, panitia melaksanakan seleksi tambahan.

“Pada hari ini kita akan melaksanakan kegiatan seleksi tambahan kepada desa yang memiliki calon lebih dari 5 orang. Untuk teknis kegiatan seleksi tambahan ini dilakukan bekerjasama dengan Universitas Galuh, ” jelasnya.

Tatang menegaskan kepada Balon Kades, bahwa kegiatan seleksi tambahan dilaksanakan secara netral dengan melibatkan tenaga akademisi profesional

“Kami pastikan pelaksanaan seleksi tanpa ada kepentingan atau keberpihakan manapun. Untuk itu silahkan ikuti dan laksanakan kegiatan seleksi ini dengan sungguh-sungguh sehingga mendapatkan hasil yang diharapkan, ” tegasnya.

Sekda Ciamis ini pun berharap pelaksanaan rangkaian tahapan pemilihan Kepala Desa di Kabupaten Ciamis Tahun 2022 berjalan dengan sukses. Ia pun mengingatkan agar dalam pelaksanaan Pilkades pada 27 Maret 2022 mendatang agar disiplin menerapkan protokol kesehatan.

“Semoga pelaksanaan Pilkades Serentak 2022 mendatang sukses tanpa ekses. Saya titipkan agar protokol kesehatan diterapkan secara disiplin ketat, mengingat saat ini masih menghadapi pandemi covid-19, ” ujarnya.

Sementara itu Kepala DPMD Ciamis Ape Ruswandana menerangkan tujuan kegiatan seleksi tambahan Balon Kades yakni menyeleksi calon yang dalam satu desa memiliki lebih dari 5 kandidat. Usai seleksi ini akan ditetapkan 5 calon kades yang bisa mengikuti pilkades serentak dengan dinilai dari ujian tulis yang dilakukan panitia seleksi.

“Kami bekerjasama dengan Tim dari Universitas Galuh Ciamis melalui Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Galuh Ciamis, ” jelasnya.

Ia memaparkan, kegiatan seleksi dilakukan selama satu hari, dengan bertempat di Kampus FISIP Unigal. Sementara untuk pembiayaan seleksi dibebankan pada APBD tahun anggaran 2022.

“Semoga para peserta bisa bersaing secara serius. Dan menghasilkan calon kades yang kompeten dari segi wawasan dan pengalamannya, ” tutupnya.

( Lili Romli)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button