STERILISASI GEREJA DILAKUKAN JAJARAN POLRES CIAMIS JELANG PERAYAAN PASKAH

0
32

Ciamis -Sergapreborn

Jelang Minggu Paskah 4 April 2021, personel Polres Ciamis Polda Jabar melakukan sterilisasi gereja di Kabupaten Ciamis. Sterilisasi ini dilakukan sebagai upaya memberikan rasa aman bagi umat Kristen dalam melaksanakan ibadah.

Ada dua Gereja besar di pusat kota Ciamis dilakukan sterilisasi, yaitu Gereja Paroki Santo Yohanes Pembaptis, dan Gereja Pantekosta Ciamis. Satu persatu, seluruh ruangan gereja diperiksa menggunakan metal detector (pendeteksi logam).

Sterilisasi ini dibawah kendali operasional Kasat Reskrim Polres Ciamis Iptu Afrizal Wahyudi A, S.I.K., dan beberapa personel gabungan Satuan Fungsi Polres Ciamis. Mereka diantaranya yaitu, anggota Ur Identifikasi Sat Reskrim bersama Dalmas Sat Sabhara dan Provos Polres Ciamis.

Kapolres Ciamis AKBP Hendria Lesmana, S.I.K., M.Si., mengatakan, untuk menciptakan rasa aman dan nyaman menjelang Minggu Paskah, Polres Ciamis melakukan sterilisasi dua Gereja di Ciamis yang akan digunakan untuk kegiatan Ibadah Paskah. “Kami meningkatkan pengamanan dengan pengecekan untuk memberikan rasa nyaman dan aman kepada setiap warga dalam melaksanakan ibadah,” kata AKBP Hendria.

Kapolres memastikan situasi menjelang ibadah paskah aman dan kondusif. Masyarakat dihimbau untuk tidak cemas dan khawatir saat melaksanakan ibadah.

“Kami mengajak seluruh pimpinan umat beragama untuk tetap menjaga kebersamaan dengan saling menghargai dan menghormati,” imbuhnya.

Sterilisasi yang dilakukan berupa pengamatan secara umum di sekitar gereja dengan radius 20-50 meter, melakukan Pemeriksaan terhadap Kendaraan R2 dan R4 yang terparkir di sekitar gereja, terutama pada bagian bawah (kolong) mobil dengan menggunakan spion khusus pemeriksaan. Serta tentunya melakukan pemeriksaan disekitar Gereja terhadap hiasan gereja, tanaman hias, pohon-pohon dan tong sampah dengan menggunakan metal detector.

Selain itu juga melakukan pemeriksaan kamalir air (got) dengan menggunakan metal detector dan kaca spion, elakukan pemeriksaan badan terhadap jemaat yang sudah hadir di lokasi dengan menggunakan metal detector dan melakukan pemeriksaan terhadap semua stop kontak listrik maupun mix pengeras suara.

Sebagai informasi, pengamanan selama rangkaian kegiatan ibadah Paskah, Ratusan personel dikerahkan. Mereka di sebar di belasan Gereja di wilayah hukum Polres Ciamis yang menggelar kegiatan peribadatan.
(Raymond)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here