Ciamis

Warga Caringin Sukamaju Baregbeg Kini Mulai Sadar !

Berita Qurban

Ciamis – Sergapreborn

Bukti nyata peduli lingkungan hidup, Panitia Kurban Masjid Nurul Falah Caringin Dsn.Bangunsirna Desa Sukamaju, Kec.Baregbeg, Kab.Ciamis, menggunakan kantong daging plastik ramah lingkungan(RAMLING). Selasa (20/07/2021)

Ketua RT, Pupung mengatakan, awal mulanya mereka menggunakan kantong plastik yang ramah lingkungan (RAMLING) mendapatkannya dari salah satu Kader PMII Ciamis Leza Lijayanto. Kegiatan ini sebagai salah satu upaya mendukung Peraturan Bupati No.27 tahun 2021 tentang Pengurangan Penggunaan Kantong Plastik dengan harapan kedepannya masyarakat bisa menggunakan kantong plastik ramah lingkungan (RAMLING) ini.

“Saya mendapatkan kantong plastik ramah lingkungan ini dari Leza Lijayanto mahasiswa kader PMII Ciamis. Saya berharap kegiatan ini bisa mengurangi dampak lingkungan, begitupun saya turut mendukung dengan adanya perbup no 27 tahun 2021. Diharapkan panitia kurban di tempat yang lainya bisa mengikuti langkah kami, ” ungkap Pupung.

Kader PMII Kab.Ciamis Leza Lijayanto mengatakan, kantong plastik yang telah di bagikan bukan sekedar plastik biasa,tetapi ini plastik yang ramah lingkungan dengan teknologi Oxium melalui 3 tahap tier yakni oksidasi-biodegradasi-ekotoksitas yang akan mempercepat plastik ini terdegradasi dan terfragmentasi hingga terurai 2-4 tahun saja,” ujar Leza.

Leza berharap dengan adanya Peraturan Bupati ini, kedepannya persolan-persoalan sampah khususnya sampah plastik yang ada di Kabupaten Ciamis bisa terselesaikan dengan tuntas dan lingkungan dapat terjaga.

Ketua DKM Mesjid Nurul Falah,Ustad Tete menyatakan mendukung dan berterimakasih kepada PMII yang telah memberikan kantong ramah lingkungan (RAMLING). Warga di Lingkungan Caringin bisa mendukung upaya Pemerintah Daerah Kab.Ciamis dalam pengurangan kantong plastik.

“Untuk itu mari bersama-sama menumbuhkan kesadaran, menjaga lingkungan, dengan memulai menggunakan plastik yang ramah lingkungan, jangan menggunakan plastik biasa karena itu akan berdampak pada lingkungan kita,” ungkapnya

(Leza)*

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button