Ciamis

9 Usulan Raperda Pemkab Ciamis Telah diterima DPRD Ciamis

Ciamis, sergapreborn.id

Bupati Ciamis Herdiat Sunarya, memberikan tanggapan atas pandangan umum dari seluruh Fraksi DPRD kab Ciamis pada Rapat paripurna yang diikuti secara virtual dari Aula Sekretariat Daerah Kabupaten Ciamis, Jumat, 13 Agustus 2021.

Pandangan Fraksi ini, terkait Sembilan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) yang di usulan Pemerintah Kabupaten Ciamis pada Rapat paripurna sebelum nya.

Dalam tanggapannya, Herdiat mengatakan,
“Setelah mendengarkan pandangan umum, pada umumnya seluruh fraksi menyetujui 9 usulan raperda yang telah disampaikan, selanjutnya akan dibahas pada tahap selanjutnya, ” katanya.

Ia menyampaikan penghargaan dan terimakasih kepada seluruh fraksi DPRD Ciamis yang telah memberikan perhatian kepada Kabupaten Ciamis khususnya dalam pembentukan Perda.

Pada kesempatan tersebut, Herdiat juga menjelaskan terkait usulan 4 Raperda retribusi Kabupaten Ciamis yang dilakukan dengan mempertimbangkan situasi dampak pandemi covid-19 terhadap masyarakat.

“Perubahan perda diperuntukan untuk peningkatan pelayanan publik, Meski saat ini di masa pandemi kita harus tetap memiliki optimisme bahwa pandemi akan berakhir dan kita akan kembali beraktivitas normal kembali,” ujarnya.

Terkait dokumen usulan 9 raperda yang disampaikan, Herdiat menerangkan, Bahwa raperda tersebut merupakan hasil tinjauan, kajian naskah akademik dan penyesuaian peraturan perundang undangan yang mempengaruhi perubahan judul pada raperda tersebut.

“Kami mengapresiasi atas saran yang diberikan oleh setiap fraksi dan akan dipertimbangkan dan dibahas dalam penyusunan raperda sehingga akan memperoleh referensi yang lebih banyak. Sehingga tatkala raperda ditetapkan menjadi peraturan daerah dapat diimplementasikan terhadap penyelenggaraan dan kepentingan kesejahteraan masyarakat.

Adapun kesembilan raperda tersebut diantaranya ; Pertama ; raperda perubahan kedua atas Perda Nomor 2 tahun 2012 tentang retribusi tempat rekreasi dan olahraga.

Kedua ; Raperda perubahan kedua atas Perda Nomor 7 tahun 2012 tentang retribusi pemakaian kekayaan daerah. Ketiga ; raperda perubahan kedua atas Perda Nomor 17 tahun 2011 tentang retribusi pengendalian dan pengawasan menara telekomunikasi.

Keempat ; perubahan atas Perda Nomor 3 tahun 2008 tentang pokok-pokok pengelolaan keuangan daerah.
Ke lima ; raperda perubahan atas PERDA Nomor 18 tahun 2013 tentang pendirian badan usaha milik daerah PT Aneka Usaha Milik Daerah.

Ke enam ; Raperda erubahan kedua atas PERDA Nomor 23 tahun 2011 tentang penyelenggaraan pendidikan.
Ketujuh ; Raperda retribusi hasil penjualan produk daerah.

Kedelapan ; Raperda perubahan atas PERDA Kabupaten Ciamis nomor 13 tahun 2019 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) Kabupaten Ciamis tahun 2019-2024.
Kesembilan ; Raperda tentang Perusahaan Umum Daerah Air Minum ( PDAM) Tirta Galuh.

(Heryadi)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button