Singa Penuh

Alasan Ada Kegiatan !!! Camat Hamparan Rawang Mengelak Di Konfirmasi Wartawan”

Kota Sungai Penuh. – Sergapreborn

Dengan alasan ada kegiatan Camat Hamparan Rawang Rafnir Tan, SP.,ME mengelak untuk dikonfirmasi oleh awak media Sergapreborn Rabu,9/6/2021 saat ditemui di kantornya.

Awak media Sergapreborn menanyakan dengan Rafnir Tan kapan bisa ada waktu wawancara untuk konfirmasi, atau ditunggu sampai acara selesai dan hari apa bisa, bahkan saat diminta nomor telepon selulernya Camat Hamparan Rawang merasa keberatan memberitahu. Jawaban dari Camat belum tahu waktunya dan untuk nomor telepon seluler itu merupakan pribadi jadi hak dia untuk memberikan. Sangat tidak kooperatif dan sepertinya Rafni Tan menghindar dari awak media yang ingin konfirmasi terkait data dan laporan yang diterima.

Jabatan Camat merupakan jabatan publik disuatu kecamatan. Bagaimana seorang Camat bisa memberikan jawaban seperti itu ?

Didalam UU Pers NO.40 Tahun 1999 sudah sangat jelas mengatur : Siapa saja yang menghalang-halangi tugas jurnalistik atau menghambat dalam liputan atau pencarian data sesuai dengan ketentuan pasal 4 ayat 2 dan ayat 3 dipidana paling lama 2 tahun penjara atau denda paling banyak Rp 500.000.000,-
“Pasal 4”
1. Kemerdekaan Pers dijamin sebagai hak asazi warga negara.
2. Terhadap Pers Nasional tidak dikenakan
Penyensoran, pembredelan atau pelarangan penyiaran.
3. Untuk menjamin kemerdekaan Pers, Pers Nasional mempunyai hak mencari, memperoleh dan menyebarluaskan gagasan dan informasi.
4. Dalam mempertanggung jawabkan pemberitaannya didepan hukum wartawan mempunyai hak tolak.

( EKA )

Sergapreborn

Menegakan Kebenaran Demi Hukum

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button