Ciamis

Desa Karangpaningal Kec Tambaksari Ciamis Akan Dijadikan Desa Wisata Budaya

CIAMIS, – Sergapreborn

Dalam rangka mewujudkan pembangunan desa, seorang kepala desa harus mempunyai visi yang diapreasi dan tentunya harus harus dilaksanakan dengan konsep yang stragis.

Salah satunya yang dilakukan oleh Kepala desa Karangpaninggal Kecamatan Tambaksari Kabupaten Ciamis.

ketika dilantik desa tersebut mempunyai gelar desa berkembang, namun setelah dirinya terpilih pada pemilihan serentak 19 Desember pada tahun 2020 kemarin.

Henhen Suhendar berkeinginan desa dibawah pimpinanya menjadi desa maju dalam menuju desa mandiri.

“kenapa saya punya tujuan ingin memahukan masyarakar dan memandirikan masyarakat desa karangpaninggal, karena kedepan Bumdes bekerja sama Bank Jabar dalam pengelolaan keuangan desa, dengan cara simpan pinjam, dan menyediakan Pupuk dengan bekersama dengabpetro kimia.”tegas Henhen diruangan kerjanya rabu (28/04/2021).

karena menurut Henhen kebutuhan pupuk yang digelontorkan oleh Pemerintah tidak sesuai dengan kebutuhan yang diperlukan d masyarakat

” karena yang mendapatkan kartu hanya 30 Ton pupuk Subsidi sementada kebutuhan pupuk didesa karangpangal 160 ton, darpada, sehingga kita membuat proggram sendiri, dengan bekerjasa dengan Petrokimia gresik untuk memenuhi warga saya”tegasnya.

Henhen juga menyampaikan Desa Karangpaningal sudah bersetatus desa wisata, karena didesanya ada kampung adat atau kampung kuta, yang rencananya kedepan akan ada pembangunan di wilayah Kampung kuta, sehingga nantinya akan menjadi desa budaya.

“ya disini ada kampung kuta yang tinggal, atau kampung adat, yang tinggalbya hanya 117 KK, 301 jiwa. dan mereka tidak menjual menjual kopi rentengan tetapi harus menjual kopi asli kampung kuta, serta tidak memakan daging ayam, walaupun pingin makan daging harus daging ayam kampung asli bibitan kampung kuta” paparnya

Sementara itu ditempat terpisah kepala Dinas Pariwiasata dan Ekonomi Kreastif (Disparekap) Wasdi Ijudin ketika ditemui diruanganya membenarkan, bahwa Didesa Karangpaningal adalah kampung adat/lebih dikenal dengan kampung Kuta,nantinya akan dibangun menjadi desa wisata budaya.

“betul bahwa Kampung kuta nantinya akan dibangun menjadi kampung budaya dan DED sudah ada, dan disahkan oleh Pemerintah dan sudah sesuai hasil kesepakatan bersama didesa tersebut dan keininginan bersama” ungkapnya

CAPTION:Kepala desa yang baru dilantik pada tanggal 23/2/2021 Henhen Suhendar berfoto bersama di depan Kantor Desanya

Dikatakan Wasdi, desa tersebut sangat potensial dan sangat memungkinkan, untuk dijadikan desa wisata budaya,yang artinya fasilitaa-fasilitas untuk menjadj destinasi wisata budaya sudah sesuai adat kearifan lokal

“memang desa itu sangat mumpuni menjadi desa wisata budaya, sehingga fasilita-fasilitas yang akan dibangun harus sesuai dengan adat atauke arifan lokal disana, dan pembangunanya haarus sesuai DED dari hasil kesepakatN bersama itu (Pepi Irwan)

Sergapreborn

Menegakan Kebenaran Demi Hukum

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button