Kerinci

Dugaan Nepotisme Kades Mukai Tinggi Melibatkan Keluarga Terdekat

Sergapreborn Kab.Kerinci. Secara umum, nepotisme adalah suatu kegiatan seseorang yang memanfaatkan posisi atau kedudukannya untuk lebih mengutamakan kerabat atau keluarganya diatas kepentingan umum. Hal tersebut dilakukan atas dasar hubungan keluarga atau kedekatan saja, bukan atas dasar kompetensi. Dengan terjadinya nepotisme menciptakan kolusi sehingga terjadi korupsi berjemaah.

Hasil konfirmasi dan penelusuran awak media SERGAPreborn hari Selasa, 19/4/2022 bersama warga dan staf desa Mukai Tinggi ( Identitas-red ), menyampaikan bahwa, Kepala Desa Mukai Tinggi kec.Siulak Mukai kab.Kerinci di sinyalir melibatkan keluarga terdekat dalam semua kegiatan desa bahkan ada yang menjabat posisi strategis di desa.

Dari keterangan tersebut di Duga keras lengkap sudah Nepotisme untuk memperkuat kedudukan Kepala Desa Mukai Tinggi, karena Ketua Bumdes di jabat oleh menantu Kades, pengelola Paud adalah anak kandung Kades, guru Paud menantu Kades, kader PKBM anak kandung Kades, kader posyandu dijabat kemenakan kades yang juga merupakan anak ketua BPD, bahkan Ketua BPD adalah kakak kandung Kades dan sekretaris BPD merupakan anak kakak ketua BPD.

Contoh kegiatan yang melibatkan keluarga terdekat Kades Mukai Tinggi adalah pembagian BLT yang dilakukan didalam rumah Kepala desa dan diketahui warga tidak ada undangan lain layaknya pembagian BLT di desa-desa serta dalam pembagian BLT tersebut diduga terjadi pemotongan sebesar Rp 150.000,- yang mengalir ke saku Kades beserta kroninya.

Sikorman aktivis LSM Fakta angkat bicara, “Saya sangat prihatin dengan tingkah laku seorang Kepala desa yang melibatkan seluruh anggota keluarganya dalam kegiatan desa bahkan banyak memegang kendali di desa. Apa tidak ada warga yang bisa dan berkompetensi untuk menjabat didesa tersebut ? Atau ini akal-akalan dan terencana untuk menciptakan suasana nepotisme, kolusi sehingga akan terjadi korupsi yang melibatkan keluarga ?”

“Saya berharap pihak kecamatan Siulak Mukai dan pemerintahan desa kab. Kerinci dapat mengambil tindakan untuk melakukan pembinaan terhadap Kepala desa tersebut, sehingga dalam desa bisa terjadi perubahan dan melibatkan warga yang benar-benar punya skill untuk memajukan desa dan tidak mementingkan kepentingan pribadi dan keluarga seperti yang sekarang ini.” Tegas Sikorman.

Sampai berita di publikasikan Kades Mukai Tinggi tidak bisa dikonfirmasi.

( SERGAPreborn KSP-bers )

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button