Sungai Penuh

Fadli Sudria Lounching Program SSK Di SMAN 4 Sungai Penuh

Sergapreborn Kota Sungai Penuh. Ketua Komisi IV DPRD Prov.Jambi Dr. Fadli Sudria SE.,M.Hum, Lounching Sekolah Siaga Kependudukan ( SSK ) di SMAN 4 Sungai Penuh turut hadir Kadis Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk Prov.Jambi, Kadis Pendidikan Kota Sungai Penuh, Guru-guru pengajar dan wali murid, hari Rabu, 15/9/2022.

Dalam kata sambutannya Kepala Sekolah SMAN 4 Kota Sungai Penuh Aswardi S.Pd., MM., mengungkapkan rasa syukurnya atas terpilihnya SMAN 4 sebagai sekolah lounching Sekolah Siaga Kependudukan (SSK) Kota Sungai Penuh dan siap menjalankan program pemerintah pusat SSK.

“Program pemerintah Sekolah Siaga Kependudukan (SSK) salah satu tujuannya untuk menyikapi bonus demografi Tahun 2035-2040. Dimana usia produktif lebih banyak dibandingkan dengan usia yang tidak produktif. Serta program ini juga untuk mengantisipasi terjadinya kriminalitas dan hal-hal yang berdampak negatif terhadap generasi muda kedepan, pernikahan dini, stunting, dan bahaya obat-obatan terlarang.” Ungkap Aswardi.

Kadis Pendidikan Kota Sungai Penuh Drs. Khaidirman dalam kata sambutannya mengatakan, melalui program SSK ini, menjadi bagian dalam mempersiapkan generasi yang berkualitas mengingat adanya dampak negatif yang tercipta dari tingginya angka pertumbuhan penduduk.

Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mengurangi dampak negatif yang terjadi adalah dengan memberikan pendidikan kependudukan pada generasi mudanya. pada Lounching program SSK yang berpusat di SMAN 4 Kota Sungai Penuh. Sasaran utama SSK adalah siswa di sekolah agar generasi muda ini menyadari persoalan yang akan dihadapi di masa yang akan datang.

Pendidikan kependudukan dapat membentuk mereka menjadi generasi penerus bangsa yang berkualitas yang memiliki pengetahuan, pemahaman dan kesadaran serta sikap dan perilaku yang berwawasan kependudukan.

Saat dikonfirmasi para awak media, Lutpiah Kadis Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk Prov.Jambi menyampaikan bahwa, “Sekolah Siaga Kependudukan mengintegrasikan pendidikan kependudukan ke dalam beberapa mata pelajaran dan muatan lokal yang sudah ada serta pada kegiatan kesiswaan, baik itu jumlah, kualitas, maupun kuantitas, yang berkaitan dengan demografi dalam Kota Sungai Penuh. Pengendalian penduduk sangat diperlukan karena berpengaruh terhadap politik, ekonomi, sosial dan kemasyarakatan.”

Ketua Komisi IV DPRD Provinsi Jambi Dr. Fadli Sudria SE., M.Hum dihadapan para awak media menyampaikan, akan selalu memberikan motivasi sekolah untuk mendukung program SSK berjalan efektif yang merupakan program Pemerintah Pusat.

Serta berusaha memperjuangkan aspirasi dari para majelis guru dan berharap siswa- siswi semangat untuk mengejar cita-cita sebagai anak bangsa jangan sampai terjerumus dalam hal yang bisa merugikan diri sendiri. Untuk Kota Sungai Penuh SMAN 4 merupakan sekolah pilot atau sekolah motivator untuk program SSK tahun 2022, semoga sekolah-sekolah berikutnya bisa mengikuti program ini.

Sasaran utama SSK adalah siswa-siswi di sekolah agar generasi muda ini menyadari persoalan yang akan dihadapi di masa yang akan datang. Pendidikan kependudukan dapat membentuk mereka menjadi generasi penerus bangsa yang berkualitas yang memiliki pengetahuan, pemahaman dan kesadaran serta sikap dan perilaku yang berwawasan kependudukan.

( SERGAPreborn )

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button