Kerinci

Festival Kerinci XX Kharisma Event Nusantara Resmi Ditutup Bupati Kerinci

Sergapreborn kab Kerinci. Dalam suasana di guyur hujan namun tidak mengurangi rasa kegembiraan pada akhir Festival Kerinci ke-XX tahun 2022 Kharisma Event Nusantara ( KEN ) dengan tema Harmoni Alam dan Budaya, secara resmi ditutup Bupati Dr. H. Adirozal, bertempat di pelataran Danau Kerinci, Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi, Rabu ( 9/11/2022 ).

Acara penutupan juga di hadiri Wakil Bupati Kerinci, Wakil Wali kota Bukit Tinggi, Sekda Kerinci, Kepala SKPD, Ketua DPRD Kerinci. Hadir pula Forkopimda, Kapolres Kerinci, Dandim Kerinci, kepala dinas Pariwisata Provinsi Jambi, OJK, Kepala OPD, Camat, Tokoh masyarakat serta undangan lainnya.

Dalam penutupan tersebut yang memukau para pengunjung yaitu tarian injak kaca. Tarian tersebut dibawakan oleh dara-dara cantik. Dalam atraksinya dengan kaki lembut gadis-gadis tersebut menginjak-injak kaca yang diletakkan di lantai panggung. Meski begitu para gadis penari itu tidak terluka sedikitpun.

Bukan hanya itu, lomba fashion show di festival kerinci memakai batik khas Kerinci, bermacam macam motif batik ditampilkan. Batik khas Kerinci, yang bertuliskan aksara incung, yang bermotif GONG BULUH, namanya diambil dari alat musik tradisional yang sering digunakan pada acara adat, seperti penurunan benda pusaka maupun untuk penobatan para pemangku adat.

Pada penutupan acara tersebut diumumkan juara dari berbagai perlombaan. diantaranya lomba tari massal, lomba seni tradisi, lomba lagu daerah, lomba kuliner tradisi, lomba videografi, lomba fotografi, lomba fashion show dan lomba expo.

Kadis Pariwisata Kerinci Juanda Sasmita dan juga sebagai ketua pelaksana dalam sambutannya mengatakan bahwa Festival Kerinci dilaksanakan mulai dari tanggal 6 sampai dengan 9 November 2022, berjalan lancar dan sukses serta tidak lupa mengucapkan terima kasih kepada seluruh jajaran dan juga kepada Bupati Kerinci yang telah memberikan arahan. Terselenggaranya acara Festival Kerinci Ke-XX tahun 2022 Kharisma Event Nusantara ( KEN ) ini tidak lepas dari kerja keras seluruh panitia dan dukungan dan partisipasi semua masyarakat kab.Kerinci.

Bupati Kerinci dalam sambutannya mengatakan, bahwa Festival Kerinci telah dilaksanakan. Adirozal mengatakan Bahwa UMKM juga telah berpartisipasi dalam acara festival kerinci. Ia mengatakan, bersyukur memiliki bumi kerinci dengan banyaknya kebudayaan yang dimiliki yang harus terus dilestarikan.

“Kita berharap kedepan Festival Kerinci bisa lebih sukses lagi. Kami aturkan banyak terima kepada undangan atas kehadirannya dalam acara penutupan Festival kerinci ke XX.” Tutup Bupati Kerinci.

( SERGAPreborn )

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button