Ciamis

Hajat Bumi Di Gelar Warga Dusun Singgugu Desa Kertayasa

Sergapreborn Ciamis Hajat bumi Dusun Singgugu Desa Kertayasa Kecamatan Panawangan Kabupaten Ciamis dengan tema: kacai jadi saleuwi, kadarat jadi salebak senin 5/9/2022 bertempat di halaman balai Dusun setempat.

Hadir dalam acara tesebut Pamong Kebudayaan Panawangan, Kepala Desa Kertayasa beserta perangkat dan sejumlah tamu undangan lainya.

“H Cecep Didi Supardi ketua panitia dalam dalam sambutanya menyampaikan bahwa acara ini merupakan agenda rutin tahunan yang di selenggarakan setiap tanggal 10 bulan muharam setelah selesai menanam padi, tujuanya sukuran atas segala nikmat yang telah di berikan kepada kita semua khususnya warga Singgugu dan memohon agar tanaman padi mendapatkan hasil yang melimpah.

Tampak Poto

Adapun rangkaian acara yang di selenggarakan menurut H Cecep di antaranya, Motong Kambing, doa bersama, Jiaroh ke makom keramat Eyang Dalem Puspa Manggala dan hiburan tradisional Tayub Gentra Saluyu selama sehari semalam.

Sementara Kusnandi Pamong kebudayaan menuturkan pihaknya sangat merespon dan mendukung sekali dengan adanya acara seperti ini, semoga terus di jaga dan di lestarikan apalagi Tayub seni tradisional yang hampir punah sekecamata Panawangan yang masih exsis hanya di Dusun Singgugu, kami dari pihak kebudayaan akan terus berupaya mendorong seni budaya yang ada di wilayah Panawangan.

( Ule Sulaeman )

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button