Tasikmalaya

Halal Bi Halal Kelurahan Cigantang Kecamatan Mangkubumi Kota Tasikmalaya

Sergapreborn.id Kota Tasikmalaya. Acara halal bihalal merupakan acara bersilaturahmi antara keluarga atau tetangga. Pada saat acara tersebut kita saling maaf memaafkan. Halal Bihalal sudah menjadi tradisi yang terus berkembang di masyarakat pada saat idul Fitri. 

Kata halal bihalal sudah diserap dalam bahasa Indonesia. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), halal bihalal memiliki arti setelah menunaikan ibadah puasa Ramadhan saling maaf memaafkan, biasanya diadakan di sebuah tempat (auditorium, aula, dan sebagainya) oleh sekelompok orang.

Awal munculnya halal bihalal ini terdapat beberapa versi. Yang pertama dan paling populer yaitu istilah Halal bihalal diawali oleh KH Wahab Chasbullah seorang ulama pendiri Nahdlatul Ulama (NU) kepada Presiden Soekarno pada tahun 1948 atau setelah kemerdekaan Republik Indonesia.

Hal ini bertujuan, untuk mempertemukan para tokoh politik pada saat itu, dan juga dalam rangka mengurai ketegangan dan dinamika politik yang terjadi pasca kemerdekaan.
Seperti halnya kegiatan Halal Bi Halal yang di selenggarakan di Kelurahan Cigantang Kecamatan Mangkubumi Kota Tasikmalaya ini sengaja di selenggarakan pada hari Kamis 20/05/2022,

Menurut Lurah Cigantang DianTasdian S.I.P mengatakan “sengaja kegiatan Halal Bi hallal di selenggarakan hari ini walaupun sudah aga lama dari hari raya namun kami ingin berkumpul lenggkap dengan para tokoh masyarakat dan tokoh ulama” . Ujar Dian.

Dalam acara tersebut di hadiri oleh Camat Mangkubumi, semua Muspika, Para Tokoh Agama, Babinsa dan Babinmas serta para RT/RW Kelurahan Cigantang Kecamatan Mangkubumi Kota Tasikmalaya dan bertempat di aula Kelurahan Cigantang.

Camat Mangkubumi Drs Slamet mengatakan dalam acara tersebut pada sambutannya “Tujuan kami melaksanakan kegiatan ini tidak lain untuk mempererat tali persaudaraan dan mewujudkan Visi dan misi demi kemajuan institusi Kota Tasikmalaya.” Ujar Slamet.

Arrie

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button