Kerinci

Inovasi Pentas Seni Budaya Ditengah Pandemi Covid-19 Guna Meningkatkan Kreatif Sanggar Kesenian Dan Ekonomi Kerakyatan “

Kerinci.- Sergapreborn

Untuk meningkatkan kesenian daerah Kerinci dan menarik minat wisatawan baik lokal dan luar daerah, Dinas Pariwisata dan budaya kab. Kerinci mengadakan Event seni budaya 2021.

Kabid Seni dan Budaya Santi Eka Sopia, SSn saat dikonfirmasi awak media Sergapreborn Minggu, 30/5/2021 menyampaikan, “Bahwa dengan situasi pandemi Covid-19 sanggar-sanggar seni tidak ada kesempatan tampil dan banyak yang vacum, sehingga kami dari dinas Pariwisata dan Budaya kab. Kerinci berinisiatif dan berinovasi mengadakan Event seni dan budaya 2021 bagi sanggar yang masih aktif. Dengan adanya promosi ini tujuan untuk membangkitkan sanggar seni Kerinci, membantu pelaku seni supaya tetap berkreasi, dilaksanakan diobyek wisata agar banyak pengunjung datang, dengan meningkatnya kunjungan otomatis akan meningkatkan ekonomi kerakyatan serta dapat memperkenalkan seni budaya kita dan semua terlaksana sukses dengan tidak lupa mematuhi Protokol kesehatan yang telah ditetapkan.”

“Pelaksanaan Event ini adalah yang ke 4 di Danau Kerinci Minggu 30/5/2021 dengan menampilkan tari Tagik Gilo dari sanggar seni Rambang Sikumbang Hitam desa pasar Jujun. Sebelumnya event 1 telah dilaksanakan tanggal 22/5/2021 dari sanggar Kuluk Paribun desa Lempur dengan menampilkan tari Tauh dan lagu-lagu Kerinci lokasi Danau Kerinci. Tanggal 23/5/2021 di Air terjun Telun Berasap Kayu Aro sanggar seni Teratai Putih dari Kemantan dengan Sike Rebana dan tari Injak Kaco. Tanggal 26/5/2021 sanggar seni Serapah Pinggai desa Siulak Deras dengan tari Asyik Injak Kaco dan Permainan Lukah Gilo bertempat di desa Air Hangat Semurup.” Ungkap Santi.

Ketua sanggar seni Rambang Sikumbang Hitam Murni Abdul Gayah dari desa Pasar Jujun mengatakan “Berterimakasih kepada dinas Pariwisata dan Budaya kab. Kerinci yang sangat peduli dengan melaksanakan acara ini, dan sangat luar biasa karena selama Covid-19 kami tidak tampil, hari ini diberikan kesempatan tampil. Sanggar kami salah satu sanggar yang masih aktif dan sering menjadi duta seni dari kab.Kerinci, kami pernah tampil di Jakarta dan Batam.”

“Saya selaku ketua sanggar sangat berharap dari Pemkab Kerinci dapat memberikan bantuan demi kelangsungan sanggar yang ada dikerinci dan lebih meningkatkan acara seperti ini, sehingga dapat menambah kreativitas pegiat seni serta menarik minat wisatawan untuk datang.”Lanjut Murni.

 

( EKA )

Sergapreborn

Menegakan Kebenaran Demi Hukum

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button