Kerinci

Kepala Sekolah Harus Bisa Kreatif Dalam Melihat Kondisi Sekolah, Jangan Hanya Menunggu

Kerinci – Sergapreborn

Kondisi Sekolah Dasar Negeri 107/III Air Mumu kabupaten Kerinci sangat memprihatinkan, dimana hanya terdapat tiga kursi dan meja di setiap kelas, papan tulis yang sudah tidak layak pakai, kaca jendela banyak yang pecah, cat sekolah sudah pudar dan halaman sekolah jika hujan banjir serta tidak punya pagar sekolah sehingga keamanan kurang terjamin untuk fasilitas sekolah, saat awak media Sergapreborn berkunjung ( 2/3/2021 ).

Pemberitaan ( 4/3/2021 ) dengan judul kurang perhatian dari Pemkab Kerinci kondisi SDN 107/III Air Mumu Kerinci memprihatinkan.

Kepala SDN 107/III Air Mumu Ahmadi saat dikonfirmasi menjelaskan ” Bahwa dari pihak sekolah sudah pernah melaporkan ke dinas pendidikan kab.Kerinci tapi sampai sekarang belum ada tanggapan, jadi kami dalam proses belajar mengajar seadanya serba kekurangan dibanding sekolah lain. Dengan siswa 33 orang dana BOS pun sedikit didapat, jadi tidak bisa untuk memperbaiki kondisi sekolah.”

Kadis Pendidikan kabupaten Kerinci H. Murison, S.Pd., S.Sos,.M.Si ditemui di ruang kerjanya ( 24/3/2021 ) mengatakan ” Bahwa selama ini tidak pernah ada laporan yang masuk dari SDN 107/III Air Mumu tentang kondisi sekolah kedinas pendidikan Kerinci. Dengan kondisi SDN 107/III Air Mumu seharusnya kepala sekolah Ahmadi dapat lebih kreatif untuk bertindak karena bisa mengisi DAPODIK dan melapor kepada pengawas sekolah agar dapat diteruskan ke dinas terkait.

Dan fasilitas yang rusak ringan bisa diperbaiki dengan menggunakan dana BOS seperti pembelian papan tulis, kaca jendela dan cat untuk gedung sekolah, sedangkan kerusakan dan rehab besar merupakan tanggung jawab kementrian pendidikan dengan cara pihak sekolah mengisi DAPODIK dan menjelaskan tentang bantuan yang diajukan. Nanti dari dinas pendidikan akan memonitor dan mengecek kelapangan.

Jadi pihak sekolah tidak hanya menunggu bantuan yang datang tapi harus bisa menjemput bola, agar kondisi SDN 107/III bisa diperbaiki dan kegiatan belajar mengajar bisa berjalan optimal.” Ujar Murison.

(Eka)

Sergapreborn

Menegakan Kebenaran Demi Hukum

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button