Kalimantan Tengah

DPRD Kotim Minta Pemkab Segera Bangun Pabrik Kelapa Sawit

Sergapreborn Sampit – Kalteng. Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur, Provinsi Kalimantan Tengah, diharapkan segera bisa membangun pabrik kelapa sawit, untuk menampung hasil panen masyarskat, agar kedepanya harga sawit masyarskat tidak dipermainkan oleh pihal PBS yang dapat menimbulkan keluhan para petani kebun, kata Ketua Komisi II DPRD Kotim Juliansyah, Kamis 19/05/2022.

Menurutnya ini sudah disampaikan berkali kali dan digagaskan oleh dewan, sebelumnya dan yang sekarang.

Namun gagasan itu pemerintah daerah belum ada respon baik terbukti fakta saat ini masyarakat sudah mengeluh mulai kesulitan menjual hasil kebunya seperti dicontohkan warga Desa Telawang, sudah berkali kali menjual hasil kebunya ditolak oleh pihak PT. Wilmar Grop dengan alasan saat ini pabrik PT. tidak mampu menampung TBS masyarakat buah penuh dan sebagainya.

Permasalahan ini harus segera disikapi dan diseriusi secara benar-benar, memang membangun pabrik itu perlu waktu yang cukup lama, apalagi kalau pemkab sudah memiliki BUMD tentunya bisa saja BUMD yang mengelolanya, atau melakukan kerjasama dengan pihak ketiga.

Kita memang harus secepatnya mencarikan sulusi atau gagasan terhadap petani kebun agar hasil panen masyarakat bisa tertampung dan memiliki harga yang cukup baik kedepanya, kata Juliansyah.

( Kr )

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button