Karawang

Musyawarah Proyek Normalisasi Kaliasin Akhirnya Ada Penyelesaian

Karawang, SERGAPreborn.id –

Setelah dicapainya kesepakatan dari Kedua belah pihak terkait proyek Normalisasi Kaliasin akhirnya menjadi hari yang cukup penting dalam Pemerintahan Desa Pasirjaya Kecamatan Cilamaya Kulon Kabupaten Karawang,” Sabtu (29/05/2021).

Setelah ada kesepakatan dari pihak PUPR, Kontraktor, Kepala Desa Pasirjaya dan LBH Baruterang untuk mengembalikan tanah sawah milik petani terdampak, perjuangan LBH Baruterang Sayap Putih yang diponggawai langsung Endang Hermawan yang lebih akrab disapa Kang HER selaku Ketua Dewan Pendiri sekaligus kuasa petani masih tidak terkendala.

Exkavator yang diturunkan oleh pihak pelaksana pada Kamis malam 27-05-2021 terus diduduki pihak petani yang kontra terhadap pengembalian tanah sawah petani yang terdampak, sehingga mengakibatkan exkavator tidak bisa bekerja selama 2 hari.

Para petani pemilik lahan dan petani penggarap dari yang kontra pengembalian lahan petani terdampak sempat juga mendatangi kediaman Kang HER, namun tidak lama para perani tersebut diarahkan oleh Bos Kentung selaku Ketua Umum Komunitas Kagok Edan yang juga sebagai pelaksana untuk bermusyawarah di kantor Desa Pasirjaya.

Kang HER menyampaikan,” Apabila alat berat mau ditarik kembali silahkan saja, asal kita harus bersepakat dulu dengan pihak-pihak yang sudah bersepakat untuk memgembalikan tanah petani,” ucapnya.
Dalam musyawarah yang dimediasi oleh Kapolsek dan Damramil Cilamaya yang dihadiri oleh para petani telah menghasilkan kesepakatan pengerjaan pengembalian lahan milik petani akan tetap dijalankan dengan penetapan lebar saluran kulung ugi 5 meter dengan pembagian 1m tanggul kiri-kanan, 3m isi air.

Dengan kesepakatan yang sudah dicapai tersebut, Kang HER selaku kuasa petani menejelaskan, inilah perjuangan maximal yang bisa dilakukan oleh LBH Baruterang Sayap Putih.

“Kami akan terus berjuang menuntut ketika ada hak-hak masyarakat yang semena-mena diserobot tanpa konfirmasi dan kesepakatan terlebih dahulu dengan dalih untuk kepentingan apapun.” Pungkasnya.

(Alim)

Sergapreborn

Menegakan Kebenaran Demi Hukum

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button