Kalimantan Tengah

Terima Remisi 735 HUT RI Ke – 77 Narapidana Lapas Kelas IIB Sampit

Sergapreborn Sampit – Kalteng Memperingati Hari Ulang Tahun ( HUT ) Republik Indonesia RI. Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Sampit Kabupaten Kotawaringin Timur, Provinsi Kalimantan Tengah, memberikan remisi sebanyak 735 narapidana atau Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) remisi tersebut diberikan kepada nara pidana sekaligus memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekan Republik Indonesia (RI).

Penyerahan remisi tersebut dilaksanakan secara simbolis oleh Bupati Kotawaringin Timur, Halikinnor dan didampingi Kalapas Sampit, Agung Supriyanto.

Pada kegiatan upacara virtual peringatan detik-detik proklamasi kemerdekaan RI, dirangkai dengan resepsi kenegaraan dan halal bihalal di rumah jabatan bupati.

Remisi terhadap 735 orang tersebut telah diusulkan dan mendapatkan persetujuan berdasarkan Surat Keputusan Menteri Hukum Dan Hak Asasi Manusia Nomor: PAS-1268.PK.05.04 TAHUN 2022 tanggal 17 Agustus 2022 tentang Pemberian Remisi Umum.

“Besaran remisi yang diperoleh para WBP beragam, dari mulai 1 hingga 5 bulan,” ujar Agung, Rabu, 17 Agustus 2022.

Dari 735 orang WBP yang memperoleh remisi, terdapat 28 orang WBP yang dinyatakan habis masa pidana pokok (RU 2). Namun hanya terdapat 5 orang dinyatakan habis menjalani pidana, dikarenakan terdapat 19 orang WBP masih harus menjalani pidana denda dan 4 orang WBP telah menjalani program asimilasi rumah.

Sedangkan jumlah narapidana Lapas Kelas IIB Sampit saat ini berjumlah 883 orang. Namun yang diusulkan untuk mendapatkan remisi umum berjumlah 735 orang karena 86 orang lainnya masih berstatus tahanan.

Selain itu, 36 orang belum menjalani 6 bulan masa pidana, 20 orang berstatus menjalani pidana denda, serta 4 orang tindak pidana korupsi dan tidak membayar denda.

Pada hari yang sama, Bupati Kotim juga memberikan surat bebas secara simbolis kepada salah satu perwakilan WBP yang mendapat RU2.

“Selamat mendapatkan remisi dan yang dinyatakan bebas, selamat kembali kepada keluarga. Jadilah insan yang mandiri serta berguna bagi keluarga, bangsa dan negara” pesan Halikinnor.

(Kr)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button