Lampung

Polres Lampung Selatan menerima kunjungan Kepala BNPB RI Letjen TNI (Pur) Doni Monardo

BAKAUHENI – Sergapreborn

Jajaran Polres Lampung Selatan (Lamsel) dampingi Kapolda Lampung menerima kunjungan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana Republik Indonesia (BNPB RI) ke Pelabuhan Bakauheni, Sabtu pagi (15/5/20221).

Mengambil tempat ruang VIP ASDP Cabang Bakauheni, Kepala BNPB Letjen TNI (Pur) Doni Monardo dan rombongan melangsungkan kegiatan kunjungan kerja sekira jam 09.00 WIB.

Kepala BNPB tak sendirian, kedatangannya didampingi Asops Panglima TNI Mayjen TNI Syafruddin dan Karo Binops Sops Polri Brigjen Pol R. Hutajulu.

Pada kalimat pembuka, Doni Monardo menyebut kedatangannya tak lain dalam rangka memantau kesiapan arus balik mudik paska libur nasional hari raya Idhul Fitri 1442 H/ tahun 2021 di Provinsi Lampung.

“Selama kebijakan larangan mudik tahun 2021, ada 440.014 orang yang telah menyebrang dari Pulau Jawa ke Pulau Sumatera,” rinci Doni.

Dan tentunya, diperkirakan dalam waktu dekat akan terjadi arus balik pemudik dari arah sebaliknya melalui Pelabuhan Bakauheni yang perlu mendapatkan perhatian serius dari seluruh pihak.

Mengantisipasi adanya opsi lonjakan kasus Covid-19, Doni mengingatkan pentingnya petugas swab di lokasi pos penyekatan untuk bekerja secara optimal.

“Petugas swab telah disiapkan, berasal dari Pemerintah Daerah yang nantinya diperkuat oleh Pemerintah Pusat,” urai Ketua Satgas Penanganan Covid-19 itu.

Dirinya juga meminta, agar pihak ASDP Cabang Bakauheni dapat mengupayakan seluruh armada kapal sebanyak 69 unit untuk beroperasi dengan optimal di 7 dermaga.

“Jadi, mereka (pemudik red.) setelah diperiksa hasilnya reaktif akan dibawa ke ruang isolasi. Pemerintah Provinsi Lampung telah menyiapkan beberapa fasilitas (isolasi) yaitu wisma dan rusun,” pungkas mantan Danjen Kopassus itu.

Dalam menerima kunjungan kerja yang menyedot sorotan publik terkait kesiapan arus balik mudik, Kapolda Lampung Irjen Pol Hendro Sugiatno yang juga ditunjuk sebagai Ketua Gugus Tugas Khusus kemudian ditemani Danrem 043/ Gatam Brigjen TNI Drajad Brima Yoga juga selaku Wakil Ketua Gugus Tugas Khusus, Kapolres Lamsel AKBP Zaky Alkazar Nasution, GM PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Cabang Bakauheni Solikhin dan instansi terkait. (Jun)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button