Kalimantan Tengah

Sengketa Lahan. Masyarakat Kampung Melayu Berharap Diproses Seadil Adilnya.

Sergapreborn, Katingan-Kalteng

Puluhan masyarakat pertanyakan khsus sengketa lahan Desa Kampung Melayu Kecamatan Mendawai Kabupaten Katingan Propinsi Kalimantan Tengah ( KALTENG ) hingga saat ini masih belum ada kejelasan, pihaknya berharap kepada pihak penegah hukum serius dalam menyikapi permasalahan tersebut.

” (Kc) salah satu warga ketika dihubungi via ponsel sekulernya Selasa 11/03/2021, sekira pukul 10.00. Wib mengatakan, saya sangat berharap kepada pihak aparat penegak hukum ,serius menangani perkara tersebut,apalagi dalam hal ini sudah jelas sekali baik itu data dilapangan lahan yang digusur oleh pihak kelompok tani Melayu Mandiri,maupun data-data surat Surat Pernyataan Tanah ( SPT ) milik warga yang bersengketa”,katanya.

” Saya selain data tersebut masih memiliki data yang lain termasuk proyek yang berasal dari pemerintah yang mana juga ikut dirusak oleh kegiatan Peremajaan Sawit Rakyat ( PSR ) yang dikerjakan oleh Ketua Kelompok tani Melayu Mandiri, Yanto alias Ayus yang sekaligus merangkap sebagai pemborong pekerjaan tersebut, sangat jelas kesalahanya dari proses awalpun sudah menyalahi aturan,disitu sudah jelas Peremajaan Sawit Rakyat ,yang seharusnya Peremajakan Sawit Rakyat, yang umurnya sudah diatas ,25 tahun, sedangkan fakta dilapangan pekerjaan tersebut pembukaan lahan baru tidak ada satupun ditemukan disitu sawit warga, terlebih lahan milik warga yang dikerjakan itu sudah ada surat menyuratnya semua baik itu SPT, hingga Sertifikat warga.

Sementara Kapolsek Kecamatan Mendawai Kabupaten Katingan Propinsi Kalimantan Tengah ( KALTENG) AKP. Wijianto,ketika dihubungi via telepon selulernya Selasa 16/03/2021,sekira pukul.13.00 Wib, mengatakan, terkait adanya permasalahan sengketa lahan milik warga, kami langsung perintahkan beberapa anggota turun kelokasi dan kroscek kebenaran tersebut, katanya.

“Memang ada lahan masyarakat yang ada tanam tumbuhnya kena gusur, karna masalah ini antar warga kami lebih mengedepankan persoasif kepada warga agar masalah tersebut bisa diselesaikan secara musyawarah dan baik dan masalah ini tidak berkelanjutan,saya juga sudah lakukan mediasi menemui pihak pemilik tanah yang kena gusur muda-mudahan masalah ini bisa diselesaikan dengan baik , ini kan juga program pemerintah yang patut kita dukung harapan kami secepatnya bisa diselesaikan dengan baik ,pungkasnya,” ( Kar )

Sergapreborn

Menegakan Kebenaran Demi Hukum

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button