Kalimantan Tengah

Sutik Mengajak Masyarakat Budidayakan Kayu Ulin Karna Memiliki Nilai Ekonomi yang Tinggi

Sergapreborn, Sampit –Kalteng. Anggota Komisi I DPRD Kotawaringin Timur, Sutik meminta agar masyarakat membudidayakan kayu ulin.Karena kata dia kayu tersebut memiliki nilai ekonomi yang tinggi serta berkualitas tinggi dan keberadaannya selama ini sudah langka “Orang banyak tahu kayu ulin itu adanya dk Kalimantan nah dari itu harus kita budidayakan, karena sejauh ini sudah mulai langka,” kata Sutik, Selasa 15 Maret 2022.

Di sisi lain kebutuhan terhadap kayu Ulin cukup tinggi peminatnya baik itu untuk bangunan rumah, proyek pemerintah hingga bangunan gedung walet.Sutik juga meminta peran dari pemerintah daerah untuk mengajak masyarakat agar bisa membudidayakan pohon Ulin tersebut.”Masyarakat yang punya lahan kosong agar menanam itu, terutama masyarakat yang tinggal di wilayah utara itu tidak perlu jauh-jauh cari bibitnya,” tegasnya.

Sutik juga menyebutkan tidak hanya dari sisi kayunya saja, sampai kepada buah Ulin juga bisa dimanfaatkan sebagai menghitam alami rambut. Bahkan sudah banyak masyarakat yang menggunakan itu.

Menurut Sutik keberadaan kayu Ulin mulai langka salah satunya akibat pembukaan lahan untuk kebun sawit dan kegiatan illegal loging, masyarakat yang melakukan itu hanya bisa menebang dan menjualnya saja tanpa mengembangkanya lagi kayu tersebut.

(KR)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button