Kalimantan Tengah

Truk Tangki Bermuatan CPO Lintasi dalam Kota Semakin Merajalela

Sergapreborn, Sampit-Kalteng.Truk besar melintasi di dalam Kota Sampit kian tak terkendali. Banyak berbagai pihak mengeluhkan adanya truk bermuatan CPO melintasi dalam kota hingga saat ini belum terlihat ada tindakan dari pemerintah daerah, bahkan tidak tanggung- tanggung siang haripun mereka melintas tanpa ada jeda sama sekali seakan tidak memberi jalan penguna jalan umum, bahkan tidak sedikit angka kecelakaan lalulintas yang disebabkan oleh truk-truk besar yang melintasi dalam kota sampit.

Menanggapi berbagai pihak adanya keluhan masyarakat, anggota Komisi IV DPRD Kotim, Handoyo J Wibowo yang membidangi perhubungan mengaku banyak menemukan banyak truk yang bermuatan CPO ugal-ugalan ketika masuk kota.

Sering kali terjadi kecelakaan di jalan depan kantor DPRD Kotim karena kendaraan yang melintas tanpa memperdulikan kecepatannya dengan kecapatan tinggi.

“Aturan batas kecepatan di jalan dalam kota sepertinya tidak diketahui. Sehingga ngebut semua,” kata Handoyo.

Handoyo menyebutkan keberadaan truk CPO berukuran besar belakangan ini kian marak harusnya bisa dikendalikan oleh pihak terkait. Agar tidak bebas begitu saja dan sangat membahayakan pengendara lain.

Sebelumnya tanki CPO kapasitas 5.000 liter dibiarkan bebas, kemudian muncul lagi 10.000 liter dan sekarang marak lagi CPO ban 12 dengan muatan sekitar 15-20 ribu liter, dengan bebas melintasi dalam kota.

“Saya bertanya di mana pemerintah di mana aparat yang berwenang kalau seperti ini,”kata Handoyo.

Handoyo mempertanyakan komitmen pemerintah untuk menerbitkan kendaraan over dimensi over kapisitas muatan, ucapnya.

( Kr )

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button