Karawang

Upaya Pencegahan Penyebaran Covid-19 Kapolres Karawang Resmikan Lounching Mobil Patroli Tangguh

Karawang,SERGAPreborn –

Untuk melakukan upaya memutus mata rantai penyebaran Covid-19, Polres Karawang membuat terobosan inovasi dengan membuat “Mobil Patroli Tangguh” yang sudah di modifikasi sebagai sarana upaya pencegahan penyebaran Covid-19 di Kabupaten Karawang.

Lounching “Mobil Patroli Tangguh” itu, diresmikan langsung oleh Kapolres Karawang, AKBP Rama Samtama Putra di halaman apel Mapolres Karawang, Kamis (01/04/2021) sore.

“Oleh karena itu, hari ini Polres Karawang membuat mobil patroli yang sudah di modifikasi sebagai sarana untuk edukasi kepada masyarakat sebagai bentuk upaya pencegahan dan upaya-upaya edukasi kesadaran masyarakat merubah perilaku agar patuh serta senantiasa mengutamakan protocol kesehatan khususnya 5M,” ungkap Rama kepada awak media.
Sebanyak 10 unit kendaraan roda empat yang biasa digunakan sebagai mobil patroli oleh polsek-polsek jajaran Polres Karawang, disulap Kapolres Karawang menjadi “Mobil Patroli Tangguh”.

“Untuk sementara, kita buat 10 unit dulu. Ke 10 unit kendaraan itu juga dari polsek jajaran yang ada di Polres Karawang. Hanya butuh waktu 3 menit atau 4 menit, anggota sudah bisa memodifikasi mobil patrolinya menjadi Mobil Patroli Tangguh,” terangnya.

Ke-10 mobil patroli tangguh yang telah ia modifikasi, juga dilengkapi dengan seperangkat alat pendukung protocol kesehatan 5 M (memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, mengurangi mobilitas maupun menghindari kerumunan.

“Kita juga menyiapkan mobil ini dengan seperangkat alat penyemprot jenis disinfektan, dengan masker, dengan toa untuk sarana himbauan atau sosialisasi maupun alat pelindung diri (APD) seperti Faceshield dan lain sebagainya,” jelasnya.

Seperti diketahui, kata Rama, bahwa di Kabupaten Karawang ini adalah zona resiko penyebaran Covid-19 yang masih dalam kategori sedang.

“Artinya setiap hari juga, angka konfirmasi penambahan kasus Covid-19 masih ada. Tentu ini juga harus diimbangi dengan terobosan inovasi dari kita untuk melakukan upaya-upaya pencegahan dan upaya mengedukasi masyarakatnya juga,” kata Rama.
Rama menegaskan, sekali lagi ini adalah bagian dari ikhtiar dari Polres Karawang untuk membantu ataupun mencoba membuat masyarakat agar senantiasa memiliki perilaku dengan menerapkan protocol kesehatan 5M.

“Jadi nanti, fungsinya mobil ini adalah mengintervensi kerumunan-kerumunan. Misalkan seperti di pasar atau kemudian ada kegiatan-kegiatan yang sifatnya ada kelompok orang yang dimana, disana tidak tersedia sarana pencuci tangan, jadi mobil ini sifatnya adalah mobile,” tegasnya.

(Nara)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button