Kalimantan Tengah

Wakil Ketua DPRD Kotim Meminta Dinas Kesehatan Bersama Dinas Pendidikan Kerjasama Mengawasi Kantin Makanan yang Ada di Setiap Sekolah

Sergapreborn, Sampit -Kalteng. Wakil Ketua DPRD Kotawaringin Timur (Kotim), H. Rudianur meminta agar Dinas Kesehatan Kotim bersama dengan Dinas Pendidikan Kotim, bekerja sama untuk melakukan pengawasan terhadap kantin dan makanan yang ada di setiap sekolah.

Langkah ini kata dia untuk menghindari terjadinya kejadian keracunan, hingga makanan yang tidak sehat beredar di sekolah.

“Harus ada pengawasan terhadap kantin – kantin sekolah, apakah sudah memenuhi ketentuan dari kesehatan atau tidak,” kata dia, Rabu, 9 Februari 2022.

Ini kata dia supaya bisa memberikan kepastian bahwasanya kantin yang ada di dalam lingkungan sekolah, di bawah pengawasan pemerintah dan aman dikonsumsi oleh siswa.

Pengawasan terhadap makanan dan kantin yang ada di sekolah merupakan bagian dari suksesi program pemerintah, untuk menuju masyarakat yang sehat dan SDM yang unggul.

“Kalau anak – anak sakit – sakitan bagaimana SDM ingin unggul. Artinya ini saling berkaitan,” tukasnya.

Sekolah harus memastikan makanan yang beredar dilingkungannya sehat dan aman, sehingga orang tua juga tidak khawatir makanan di sekolah di konsumsi anak mereka.

Karena di luar sangat riskan ditemui penjual jajanan anak yang masih mengabaikan sisi kesehatan dan kelayakan konsumsi.

Rudianur menyarankan, agar Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) harus turun aktif ke sekolah. Agar mereka dapat turut mengawasi, terutama untuk jajanan di sekolah. Apalagi di BPOM ada program jajanan anak sehat (PJAS).

Program itu mesti diterapkan untuk menuju kantin dan jajanan sehat disekolah – sekolah di Kabupaten Kotawaringin Timur.

( Kr)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button