Garut

Bupati Garut Meresmikan Tempat Wisata Religi

Hadir dalam acara, Bupati Garut H Rudy Gunawan, Wakil Ketua DPRD Garut H Rd Romli dari Fraksi PKB, Camat Pangatikan, Asep Harsono dan Sekretaris Kecamatan Idad Badrudin, para Kepala Desa, tokoh masyarakat, Dayu Syamsu Rizal BSc, dan undangan lainnya.

Bupati Garut Rudy Gunawan, usai peresmian menyampaikan apresiasi kepada pemerintah desa, warga masyarakat dan semua pihak yang telah turut serta dalam suksesnya pembangunan dan pelestarian makam keramat Syekh Nawawi yang merupakan penyebar ajaran Islam 500 tahun lalu di Kabupaten Garut.

“Syekh Nawawi ini adalah putra dari raja dan dulunya menyebarkan agama Islam limaratus tahun lalu di Garut. Jadi kita harus memberikan penghormatan kepada beliau,” kata Bupati Garut.

Di Waktu yang sama Kepala Desa (Kades) Karangsari, Kecamatan Pangatikan, Asep Busro S Pd I, usai peresmian mengatakan, bahwa pembangunan pelestarian makam kramat ini untuk syiar ummat Islam dan diharapkan menjadi tujuan wisata religi di desanya. Syekh Nawawi ini, kata Asep, adalah leluhur di Karangsari khususnya, sebagai penyebar ajaran agama Islam di Kabupaten Garut.

“Alhamdulillah, tasyakur bini’mat, saya ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dari mulai perencanaan, pembangunan hingga selesai pelaksanaan dan peresmian makam Syekh Nawawi di lokasi Kampung Cimaragas Tengah, Desa Karangsari Pangatikan,” ujar Asep Busro.

Kades Karangsari juga mengungkapkan kebanggaannya karena acara peresmian makam keramat tersebut bisa langsung dihadiri oleh Bupati dan unsur pimpinan DPRD Garut serta unsur kecamatan dan lainnya.

“Kepada warga masyarakat Karangsari, terima kasih telah bergotong-royong dalam pelaksanaan pembangunan makam Syekh Nawawi yang sekarang terlihat bagus dan megah sekali, karena ini merupakan leluhur kita dan harus dilestarikan,” ungkapnya.

Asep berharap, setelah dibangunnya makam tersebut, kedepannya Desa Karangsari ini menjadi tujuan wisata religi dan ini wujud nyata kepedulian warga Desa Karangsari khusunya. Warga masyarakat, imbuh Asep, dengan kebersamaan bisa terus mensyiarkan ajaran Islam khusunya sebagaimana yang diajarkan leluhur dalam hal ini yakni Syekh Nawawi.

Dari informasi yang di himpun media menurut sejarah Silsilah Babad Limbangan, Syekh Nawawi merupakan keturunan Sri Baduga Maha Raja Prabu Siliwangi. Sunan Haruman atau dikenal dengan Syekh Jafar Sidiq, adalah cicit dari Syekh Nawawi.

( ek)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button