Jakarta

Dankodiklatau Resmi Tutup Latsarmil Komcad Matra Udara

Sergapreborn Jakarta Dankodiklatau Resmi Tutup Latsarmil Komcad Matra Udara
di Lapangan Jingga Mako Kopasgat
Komandan Komando Pembinaan Doktrin, Pendidikan, dan Latihan TNI Angkatan Udara (Dankodiklatau) Marsdya TNI Mohamad Tonny Harjono, S.E., M.M. memimpin Upacara penutupan Latihan Dasar Militer (Latsarmil) Komponen Cadangan (Komcad) Matra Udara TA. 2022 di Lapangan Jingga Mako Kopasgat, Lanud Sulaiman Margahayu, Kab, Bandung, Jumat (26/08/2022).

Sebanyak 500 orang anggota Komponen Cadangan yang telah mengikuti Latihan Dasar Militer selama 3 bulan di Wing 800 Kopasgat secara resmi telah di tutup, Komcad Matra Udara merupakan salah satu sistem Pertahanan Negara yang dipersiapkan secara dini dalam Sistem Pertahanan dan Keamanan Rakyat Semesta (Sishankamrata) melalui usaha pengelolaan seluruh sumber daya nasional sebagai satu kesatuan pentahanan untuk menanggulangi acaman.

Dalam sambutan Menhan RI Prabowo Subianto yang dibacakan oleh Dankodiklatau menuturkan, apresiasi dan berterima kasih atas kesiapan dan kerelaan peserta Latsarmil yang telah besedia untuk ikut serta menjadi bagian dari Komponen Cadangan, mengingat bela negara bukan hanya menjadi tanggung jawab Pemrintah atau dalam hal ini Kemhan, TNI dan Polri semata, namun bela negara merupakan tugas dan kewajiban semua warga negara Indonesia.
“Secara geografis, Indonesia memiliki posisi strategis dimana potensi ancaman militer atau kemungkinan terjadinya perang konvensional masih mungkin terjadi.

Sehingga diperlukan kemampuan negara untuk menata, menyiapkan dan menggunakan segala sumber daya serta sarana prasarana yang dimiliki untuk kepentingan nasional,” Tuturnya.
Lebih lanjut Menhan RI menjelaskan bahwa Komponen Cadangan merupakan sumber daya nasional yang telah disiapkan untuk di kerahkan melalui mobilisasi guna memperbesar dan memperkuat kekuatan dan kemampuan Komponen Utama yang mampu bekerjasama dengan komponen-komponen lain dalam meningkatkan keamanan dan stabilitas pada pelaksanaan tugas ke depan.

“Saya tekankan bahwa masa aktif Komponen Cadangan hanya pada saat pelatihan dan mobilisasi. Akan tetapi, anggota Komponen Cadangan harus selalu siaga jika dipanggil negara Komponen Cadangan dikerahkan bila negara dalam darurat militer atau keadaan perang, dimobilisasi oleh Presiden dengan persetujuan DPR yang Komando Kendalinya berada dibawah Panglima TNI, sehingga tidak ada anggota Komponen Cadangan yang melakukan kegiatan mandiri. Komponen Cadangan hanya untuk kepentingan pertahanan dan kepentingan negara,” Tutupnya.

Usai Upacara Pokok, acara dilanjutkan dengan demo beladiri dari peserta komcad,
Turut hadir pada acara tersebut Dankopasgat Marsda TNI Taspin Hasan S.A.P., M.Si,, Marsma TNI Basuki mewakilo Danseskoau, Danlanud Husein S, Kolonel Pnb I Gusti Putu Setia D, S.T., M.M., M.Han., Danlanud Sulaiman Kolnel Pnb Abdul Haris, ,M.MPol.,M.MOAS, para pejabat TNI dan Polri serta Pemerintahan Kab, Bandung.

YZ

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button