DI PENGHUJUNG BULAN ISRA MI’RAJ NABI MUHAMMAD SAW DI AL-KAROMAH PAMIJAHAN

0
32

Sergapreborn Tasikmalaya. 

Isra mi’raj nabi Muhammad Saw menjadi peristiwa penting bagi umat Islam karena pada peristiwa ini Nabi Muhammad Saw mendapat perintah untuk menunaikan shalat lima waktu sehari semalam.

Rasulullah Saw mengalami peristiwa isra mi’raj setelah mendapatkan kesedihan yang luar biasa,di tinggalkan wafat oleh orang ² yang di cintai nya.

Isra mi’raj menjadi satu dari Mukzijat Nabi Muhammad Saw, Menurut etimologi isra adalah, Perjalanan malam sedangkan Mi’raj Naik ke atas dengan tangga.

Yang di maksud dengan peristiwa isra dan mi’raj Nabi Muhammad Saw di Perjalanankan Nabi Muhammad Saw oleh Allah SWT di malam hari dari mesjid Haram (Makah) ke masjidil Aqsha (Yerusalem).

Sedangkan Mi’raj di naikan nya Nabi Muhammad Saw dari Masjidil Aqsha menuju ke Sidratul Muntaha (suatu tempat Ghaib yang tidak mungkin di tangkap oleh panca indera)

Dengan demikian apa yang terjadi pada peristiwa Nabi Muhammad Saw adalah simbol bagi umatnya, bahwa hati adalah perkara yang paling penting untuk di rawat/ di jaganya yang mengalahkan bagi anggota lainnya.
Menyehatkan hati dan juga meriasnya jauh lebih penting daripada bersolek tubuh, bahkan lebih penting daripada mengasah otak untuk menjaga nya jauh dari sistem Riya’Ujub’Takabur dan Hasad.

Ria adalah Pamer menurut Imam Al-Ghozali mencari kedudukan di hati manusia dengan cara melakukan ibadah dan amal, kata lain selalu mengajak manusia untuk mencari Modus dalam setiap langkah kegiatan kelakuan dan amalnya.

Ujub adalah Sifat merasa diri serba kecukupan serta bangga hati atas nikmat yang ada dan lupa jika kelak akan sirna.

Takabur adalah merupakan tercela,merasa sempurna dari yang lain nya.

Hasad adalah dengki tindakan yang dilakukan hinga merugikan orang lain hingga terjatuh atau teraniaya.

Pada peristiwa momen ini di penghujung bulan isra mi’raj marilah kita tingkatkan Amaliyah kebaikan kita dan keimanan serta kebaikan kita, Semoga Allah SWT mengabulkan segala hajat permohonan Aamiin ya robal alamiin ya’muzibasyailin amin.

Iwan Gunawan
Iwan Gunawan

(IG)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here