Kerinci

“Didi Putra Jaya Pjs Kades Muak Kerinci Memberikan BLT DD Tahun 2020 Kepada Keluarga Terdekat Dan Orang Kaya”

Kerinci- Sergapreborn

Berdasarkan laporan masyarakat dan investigasi di desa Muak kecamatan Bukit Kerman kabupaten Kerinci kepada awak media Sergapreborn dan anggota LSM Fakta, sungguh mengejutkan. Penerima Bantuan Langsung Tunai Alokasi Dana Desa adalah orang-orang terdekat Pjs Kades Didi Putra Jaya dan orang yang jauh dikategorikan miskin ( kaya ).

Saat dikonfirmasi dengan Didi Putra Jaya Pjs Kades Muak yang juga seorang ASN ( guru ) SDN di Desa Air Mumu ( 1/3/2021 ) menjelaskan ” InsyaAllah untuk desa Muak sudah Teliti dalam memasukan nama penerima BLT DD karena sudah ada rapat antara Pjs Kades, BPD, Ninik Mamak dan Tokoh Masyarakat, mungkin 1-2 yang menyelip ada ( tidak dapat ).”

Tetapi keterangan Pjs Kades terbalik / tidak sesuai dengan kenyataan yang didapat awak media Sergapreborn dan anggota LSM Fakta.

Dalam daftar penerima BLT terdapat nama orang tua Pjs Kades yaitu Agus Salim yang sudah menyandang status Haji. Darwana yaitu Kakak kandung Pjs Kades mempunyai rumah permanent, mobil, dan punya usaha kulit kayu manis. Sabai juga orang terdekat Pjs Kades yang mempunyai hubungan keluarga sebagai kakak Sepupu memiliki usaha kayu manis, rumah permanent dan mobil. Abadi adalah orang kaya, yang memiliki usaha kulit kayu manis dan kopi serta memiliki mobil. Milawati memiliki rumah permanent, toko sembako, dan mobil. Hairul termasuk juga orang kaya karena memiliki usaha penggilingan padi, toko sembako, pertamini dan mobil 3 unit. Rianto juga memiliki rumah 2 lantai, mobil, toko sembako dan toko bangunan serta pertamini. Semuanya adalah nama-nama yang tidak layak untuk mendapat Bantuan Tunai Langsung atau bantuan sejenisnya.

“Dalam menentukan siapa yang akan menerima BLT DD adalah dengan cara melihat yang selama ini belum pernah mendapat bantuan.
“Ujar Didi Putra Jaya.
Jadi walaupun penerima tersebut orang yang mampu finansial ( kaya ) bagi Pjs Kades Muak tidak ada masalah, selama mereka belum pernah mendapat bantuan.

Dari data investigasi di dapat banyak tumpang tindih bantuan, nama terdaftar dalam BLT DD dan PKH.Tetapi yang didapat warga hanya PKH, kejelasan nama dalam daftar BLT dan uang yang seharusnya diterima diduga masuk kekantong pribadi Didi Putra Jaya Pjs Kades Muak.

Ada juga yang terdaftar BLT DD tetapi tidak pernah mendapat sama sekali termasuk bantuan sejenisnya.
Dari hasil konfirmasi akhirnya Pjs Kades mengiyakan / membenarkan semua data-data dan bukti yang diperlihatkan.

Dari 99 orang daftar penerima BLT DD tahun 2020 desa Muak Kerinci sangat disesalkan ada nama orang terdekat Pjs Kades dan orang-orang yang tidak layak menerima ( kaya ), sedangkan masih banyak warga yang hidup dibawah standar penghasilan / miskin.

( EKA)

Sergapreborn

Menegakan Kebenaran Demi Hukum

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button