Kalimantan Tengah

Diduga Proyek Rehab Kantor BPP Pasang Papan Informasi Tersembunyi Langgar UU KIP

Berita Investigasi

Sergapreborn, Sampit – Kalteng

Sesuai amanah Undang-Undang Keterbukaan Informasi Publik (KIP) Nomor 14 Tahun 2008 dan Perpres Nomor 54 Tahun 2010 dan Nomor 70 Tahun 2012, dimana mengatur setiap pekerjaan bangunan fisik yang dibiayai oleh negara wajib memasang papan nama proyek agar diketahui semua pihak .

Pungsi papan informasi bisa diketahui jenis kegiatan, lokasi proyek, nomor kontrak, waktu pelaksanaan proyek dan nilai kontrak serta jangka waktu atau lama pekerjaan.

“ Pasalnya pemasangan papan nama proyek merupakan implementasi azas transparansi, sehingga seluruh lapisan masyarakat dapat ikut serta dalam proses pengawasan,” ungkap salah seorang warga yang enggan disebut namanya.

Pekerjaan rehab ruangan kantor Balai Penyuluhan Pertanian ( BPP ) Jalan HM Arsyad KM 08. Desa Pelangsian Kecamatan Mentawabaru Ketapang Kabupaten KotawaringinTimur ( KOTIM ) adanya papan informasi yang tidak dilihat oleh beberapa masyarakat mulai menjadi sorotan warga setempat dan warga yang melintas dari lokasi pembangunan rehab ruangan tersebut, tidak terlihat papan informasi yang dilihat oleh masyarakat, masyarakat menganggap kegiatan tersebut adalah proyek siluman.

Pekerjaan proyek yang sudah berjalan kurang lebih satu minggu tidak terlihat papan informasi membuat kecurigaan ada apa dengan pekwrjaan proyek tersebut, sementara ada beberapa tukang dari pihak rekanan terlihat sedang melakukan aktifitas dikantor itu, sehingga besar kecurigaan banyak kalangan mencurigai bahwa proyek tersebut siluman.

Hal inilah yang menjadi sorotan bagi warga bahwa pekerjaan rehab Kantor Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) ini dinilai proyek “siluman”,

“Semestinya, sebelum dan saat dimulainya pekerjaan. rekanan seharusnya memasang papan informasi yang bisa dilihat oleh banyak kalangan dan tidak menimbulkan kecurigaan warga.

Purlunya papan informasi dipasang dengan jelas dan dapat dilihat oleh banyak pihak, agar pengawas lapangan dari instansi terkait dan juga seluruh masyarakat bisa mengetahui dan bisa memonitoring pekerjaan tersebut,” kata warga.

Sementara Supadi selaku Kepala Balai Penyuluhan Pertanian ( BPP ) ketika dihubungi Wartawan Sergapreborn, Jum at, 06/08/2021,via telepon selulernya membenarkan, adanya proyek rehab kantor BPP, tapi didalam pekerjaan itu saya selaku Kepala BPP, tidak dilibatkan dan PPTKnya pun juga tidak dilibatkan jadi kalau ingin jelas konfirmasi langsung Kedinas saja, katanya.

(K/SR)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button