Kerinci

Empat Bakal Calon Akan Bersaing Untuk Menduduki Kursi Kepala Desa Koto Payang Kerinci

Kerinci. – Sergapreborn

Antusias dari warga untuk menjadi orang nomor satu di desa Koto Payang terlihat dari pendaftaran Pilkades yang diikuti oleh 4 orang bakal calon. Desa Koto Payang merupakan salah satu desa yang akan melaksanakan Pilkades serentak di kabupaten Kerinci pada bulan April yang akan datang. Kepala desa Koto Payang sekarang dijabat oleh Pjs. Heri Saputra,S.Pd. dan itupun menggantikan Pjs kades sebelumnya.

Dari 287 desa dalam kabupaten Kerinci , sebanyak 153 desa yang telah habis masa jabatannya tahun 2021 ini dan akan melaksanakan Pemilihan Kepala Desa ( Pilkades ) serentak pada bulan April 2021.

Saat awak media Sergapreborn mengunjungi kantor desa , ketua Panitia Pilkades Koto Payang Pahmi, S.Pd menyampaikan( 25/2/2021 ) “Alhamdulillah tahapan Pilkades sampai sekarang tidak ada kendala dan pendaftaran diikuti oleh 4 orang bakal calon , saat ini panitia sedang dalam penyeleksian dan pemeriksaan bahan administrasi bakal calon . Besaran dana sumbangan dalam Pilkades Koto Payang telah disepakati dan ditetapkan para bakal calon dan panitia serta dituangkan dalam berita acara dan ditandatangani bersama. ”

“Dalam rangka pencalonan kepala desa Koto Payang para bakal calon pun diminta untuk membuat surat pernyataan Fakta Integritas yang salah satu isinya adalah bakal calon akan mengikuti seluruh tahapan pelaksanaan Pilkades Koto Payang dengan mengedepankan etika politik yang bersih, toleran serta menjaga nilai-nilai demokrasi, dengan tidak melakukan pelanggaran Pilkades yakni politik uang, penggunaan fasilitas pemerintah desa, penyalahgunaan jabatan dan kewenangan serta pelanggaran lainnya yang menciderai kualitas Pemilihan Kepala Desa.” Ujar ketua panitia Pahmi, S.Pd.

Lebih lanjut sekretaris panitia Pilkades Dedi Miswar mengatakan “Bahwa dalam pernyataan fakta integritas bakal calon siap menang dan siap kalah serta akan menjaga dan mewujudkan wilayah yang kondusif, baik sebelum saat pelaksanaan maupun setelah pelaksanaan Pilkades. Tidak akan menuntut apapun hasil Pilkades serta menerima hasil Pilkades Koto Payang secara arif dan bijaksana.”

Harapan dari panitia Pilkades Koto Payang, pemilihan kades tahun 2021 ini dapat dimanfaatkan untuk pembelajaraan politik bagi masyarakat. Pada Pilkades ini masyarakat yang akan menentukan siapa pemimpin desanya selama 6 tahun kedepan, membawa desa pada perubahan yang lebih baik lagi, bisa mengayomi masyarakatnya dan melaksanakan kegiatan sesuai anggaran serta bersikap transparan dalam mengelola anggaran.

(EKA)

Sergapreborn

Menegakan Kebenaran Demi Hukum

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button