Kebencanaan

Gunung Semeru Telah Mengeluarkan Awan Panas Sejauh 1 KM

Lumajang – Sergapreborn Gunung Semeru telah mengeluarkan awan panas sejauh 1 KM, Rabu (1/12). Saat ini kondisinya masih fluktuatif. Meski begitu, Semeru masih berpotensi mengeluarkan awan panas guguran sewaktu-waktu. Hingga kini, status Gunung Semeru waspada atau level 2.


Dari data Pos Pengamatan Gunung Semer atau gunung api (PGA) Semeruperiode 1 Desember 2021 pukul 00.00-24.00 WIB, Gunung Semeru mengalami letusan 61 kali, guguran 4 kali, embusan 27 kali dan awan panas guguran 1 kali.

vidio diambil dari sumber yang beredar

Dilansir dari detik.com “Berdasarkan data yang kami monitoring setiap hari, jadi awan panas guguran bisa sewaktu waktu terjadi sehingga warga harus meningkatkan kewaspadaan. Saat ini Gunung Semeru masih waspada level II,” ujar Kepala Pos Pengamatan Gunung Api Semeru Liswanto Kamis (2/12/2021).


Dilansir dari Detik.com Semeru Luncurkan Awan Panas Sejauh 1 Km, Penambang Pasir Selamatkan Diri
Masyarakat diimbau tidak melakukan aktivitas radius 1 KM dan wilayah sejauh 5 KM di sektor lereng selatan- tenggara kawah aktif yang merupakan kawah aktif Semeru sebagai jalur luncuran awan panas.

Selain itu masyarakat diminta mewaspadai awan panas guguran, guguran lava dan lahar di sepanjang sungai yang berhulu di puncak Semeru.

Gunung Semeru Mengeluarkan Awan Panas

“Petugas mengimbau kepada masyarakat di sekitar Semeru tetep tenang dan menjaga kewaspadaan serta tidak melakukan aktivitas sejauh 5 KM di sektor lereng selatan- tenggara,” pungkasnya.

VidioYamg beredar luar belum lama ini
Vidio yang beredar di masyarakat

(JJ)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button